Apa itu Vampir?

by
February 26th, 2015 at 10:15 am

CiriCara.com – Apakah anda kenal atau tahu vampir ? Vampir merupakan tokoh mitologi dan legenda yang hidup dengan cara menghisap intisari (biasanya dalam bentuk darah) dari mahluk hidup lain. Istilah vampir dikenal sejak abad ke 18. Dan kata Vampir terkenal di negara Inggris sekitar tahun 1734. Legenda dihembuskan oleh bangsa Eropa Barat, khususnya daerah Balkan dan Eropa Timur, di sekitar daerah tersebut juga terdapat legenda vampir yang terkenal seperti vrykolakas di Yunani dan strigoi di Rumania, legenda tersebut semakin tersohor hingga keyakinan ada Vampir ada di sekitar Eropa.

vampir

Vampir – Ist

Legenda Vampir di Balkan dan Eropa Timur mempunyai ciri yang berbeda dengan Vampir Eropa Barat, Vampir di Balkan mempunyai karakteristik beragama (berawal dari mahluk mirip manusia sampai mayat hidup). Sedangkan karakteristik Vampir di Eropa Barat digambarkan berpenampilan selalu rapi dan mewah.

Karakteristik Vampir sesungguhnya adalah mempunyai tingkah laku yang selalu keluar dari kuburannya pada tengah hari untuk mencari mangsa dengan cara menggigit orang-orang dengan taring gigi yang runcing dan panjang serta menghisap darah mereka. Dan korbanya yang digigitnya akan menjadi vampir juga. Menurut beberapa mitos-mitos tertentu bahwa Vampir tidak tampak pada cermin karena kabarnya mereka tidak memiliki jiwa. Dan dalam cerita fiksi modern, bahwa Vampir juga menjelma sebagai kelelawar, serigala bahkan gumpalan gas dan mereka tidak tahan terhadap matahari, bila terkena matahari maka Vampir akan melepuh dan mati, sehingga Vampir dalam mencari mangsa selalu ditengah hari/malam.

Kepercayaan terhadap Vampir sudah ada selama berabad-abad, termasuk pada kebudayaan Mesopotamia dimana vampir dikenal sebagai Lilith dan Edimmu (namanya keren yah), yang menceritakan tentang setan atau roh yang mirip dengan vampir modern.

Adapun vampir yang dikenal sekarang yang berasal dari Eropa Tenggara abad ke 18. Lain halnya dengan cerita rakyat, bahwa vampir adalah mayat hidup, akibat korban bunuh diri atau penyihir, roh jahat yang bergentayangan yang masuk ke dalam mayat di kuburan dan melalui proses gigitan vampir, dan legenda ini semakin hari semakin meluas pada zaman itu.

Pada zamannya ada tips tertentu agar dapat mengidentifikasikan, apakah seorang itu dianggap vampir atau bukan (tentunya dilakukan di kuburan). Salah satu cara mencari kuburan vampir adalah dengan menggunakan gadis yang masih perawan yang menunggangi kuda dan berjalan di kuburan, menurut kepercayaannya bila kuda tersebut menolak melewati salah satu kuburan tertentu, ini berarti mayat yang berada diliang kuburan adalah vampir, umumnya kuda yang dipakai adalah kuda yang berkulit hitam meskipun di Albania yang digunakan adalah kuda yang berkulit putih. Dan mayat yang dicurigai sebagai vampir mempunyai ciri-ciri berpenampilan yang lebih bagus dari yang seharusnya dan tidak tampak adanya proses pembusukan, apabila kuburan seorang vampir dibuka dan wajahnya berlumuran darah, maka dianggap bahwa vampir tersebut aktif di daerah tersebut yang ditandai dengan kematian-kematian beberapa ternak, domba, ayam dan beberapa sanak keluarga.

Demikian tentang vampir, sejarah dan legenda-legendanya, selamat membaca.

Penulis: MasArif

Artikel terkait: Uniknya Vampir Era 90-an

Comment di sini