Cara Menghadapi Atasan yang Kejam

by
February 26th, 2015 at 11:21 am

CiriCara.com – Kamu bekerja di sebuah perusahaan besar tapi punya atasan yang kejam. Setiap kali atasan marah, pasti nama-nama hewan yang keluar. Salah sedikit saja langsung kena komplain dan dimarahi? Ya begitu lah derita para pekerja yang punya atasan kejam.

atasan kejam

Atasan Kejam – Ist

Punya atasan kejam sering membuat orang jadi malas bekerja dan bahkan memilih untuk resign. Walau terkadang ada juga yang tetap bertahan karena tidak mau jadi pengangguran. Sekejam apa pun atasannya, dia tetap bertahan karena memang tidak ada pilihan lain.

Nah, buat kamu yang berada di situasi seperti dijelaskan di atas, berikut ada beberapa solusi yang bisa kamu coba. Simak baik-baik ya!

1. Turuti saja

Saat atasan marah-marah dan meminta kamu mengerjakan ini itu, mendingan kamu turuti saja. Melawan perintah atasan hanya akan membuat kamu terus dimarahi dan hal ini hanya akan buang waktu. Jika kamu merasa masih bisa mengerjakannya, lebih baik kerjakan saja. Jangan sampai kamu dinobatkan jadi musuh bebuyutan dia.

2. Jawab seperlunya

Terkadang ada juga atasan yang tidak mau omongannya dibantah. Karenanya kamu sebaiknya jangan terlalu banyak membantah. Cukup jawab seperlunya saja, kecuali jika atasan meminta pendapat dari kamu.

3. Cuekin saja

Kamu sudah merasa bekerja dengan baik dan maksimal, tapi atasan masih marah-marah? Ini kemungkinan dia memang hobi menindas kamu. Tidak perlu kamu hiraukan omelan dia, cuekin saja dan tetaplah fokus pada tugas dan kerjaan kamu saja. Nanti dia juga berhenti sendiri jika sudah merasa bosan marahi kamu.

4. Melawan asal benar

Sudah dituruti, dibaik-baikin, dan dicuekin tapi atasan kamu tetap marah-marah? Coba kamu beri pembelaan. Jika kamu merasa sudah benar, lawan dia dengan penjelasan yang masuk akal. Buat dia sadar kalau kamu juga bisa memberikan perlawanan, selama itu benar. Terus menjadi orang lemah hanya akan membuat kamu semakin ditindas.

5. Lapor atau cari pekerjaan lain

Jika kamu masih juga jadi sasaran atasan yang kejam, kamu bisa melaporkan hal tersebut ke pemilik atau HRD perusahaan. Ungkapkan semua sikap semena-mena atasan kamu. Jika ternyata perusahaan tidak menanggapi laporan kamu, lebih baik cari pekerjaan lain. Percaya lah tenaga dan pikiran kamu masih diperlukan perusahaan lain.

Dimarahi atasan itu sudah jadi hal yang wajar dalam dunia kerja. Tapi jika atasan kamu sering marah-marah tidak jelas, itu namanya aneh. Kamu harus berani menghadapinya dan tetap semangat ya kawan!

(YG)

Comment di sini