Fakta Unik Seputar Anggrek Bulan

by
February 26th, 2015 at 8:35 am

CiriCara.com – Anggrek bulan adalah salah satu bunga nasional Indonesia. Karena kecantikannya, bunga bernama latin Phalaenopsis amabilis ini diresmikan sebagai Puspa Pesona sejak tahun 1990. Awalnya, keberadaan anggrek bulan di Indonesia di temukan di daerah Maluku. Apa saja keunikannya?

anggrek

Anggrek bulan – Ist

1. Anggrek bulan memiliki nama yang berbeda di setiap daerah. Di Jawa dan Bali, bunga ini dikenal dengan nama anggrek wulan. Kalau di Maluku dikenal dengan anggrek terbang. Ada juga masyarakat Jawa yang menyebut anggrek menur.

2. Tanaman ini termasuk tumbuhan epifit, sebab akarnya tumbuh menempel pada batang tanaman lain. Biasanya, akarnya mengikuti bentuk permukaan dari batang tempatnya menempel. Bagian akar yang melekat memang tidak ditumbuhi oleh serabut akar, tetapi di sepanjang permukaan akar terdapat jaringan velamen yang berfungsi memudahkan akar untuk menyerap air pada permukaan tubuh inangnya.

3. Anggrek bulan merupakan tanaman yang memerlukan sedikit sinar matahari untuk kelangsungan hidupnya. Daunya berwarna hijau dan bentuknya memanjang. Warna akarnya putih dan bulat memanjang dan terasa berdaging.

4. Anggrek bulan tersebar luas di wilayah Asia khususnya di Malaysia, Indonesia hingga ke Australia. Bagaimana keistimewaan bunga ini di negara lain?

5. Akar anggrek bulan ditumbuhi jamur mycorrbiza yang hidup bersimbiosis dengan tanaman anggrek. Di sini, jamur mengambil berbagai zat organik dari humus, lalu mengubahnya menjadi bahan makanan bagi anggrek.

6. Bunga ini hanya mempunyai sedikit keharuman. Ketika mekar, diameternya bisa tumbuh hingga 10 cm dengan waktu yang relatif lama.

7. Tak hanya putih, bunga anggrek bulan memiliki variasi warna yang beragam, diantaranya ungu, merah kecoklatan, putih, merah muda, dan kuning keemasan.

8. Anggrek bulan terdiri dari tiga buah kelopak bunga dan tiga buah tajuk bunga. Satu buah kelopak terletak di bagian punggung sehingga disebut kelopak punggung, sedangkan lainnya terletak di samping dan disebut dengan daun kelopak samping.

9. Batang bunga ini bersifat monopodial atau dapat tumbuh tinggi secara vertikal. Pada satu titik tumbuh hanya tumbuh satu batang utama saja. Bunga anggrek bulan akan tumbuh dari sisi-sisi batang atau di antara dua ketiak daunnya.

10. Seperti bunga pada umumnya, di bunga ini terdapat alat kelamin jantan dan betina yang menjadi satu, disebut dengan gynostemium yang berarti benang sari.

Penulis: Khaeriya

Artikel terkait: Fakta Unik Bunga Melati

Comment di sini