Hilman Hibahkan Bukit untuk Penelitian

by
February 26th, 2015 at 10:03 am

CiriCara.com – Sungguh mulia apa yang dilakukan oleh Hilman Pudjowalujo. Hilman Pudjowalujo adalah salah seorang warga yang tinggal di Kebumen, sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Hilman, patut dijadikan contoh lewat perbuatannya. Karena lewat perbuatannya, Hilman ikut mendorong pemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia.

karangsambung

Perbukitan Karangsambung di Kebumen, Jawa Tengah – Ist

Hilman bukan peneliti. Bukan pula seorang akademisi. Tapi dia adalah warga Kebumen biasa. Tapi lewat perbuatannya yang sangat mulai itu, Hilman menunjukan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Lalu, apa perbuatan mulai Hilman, sehingga saya sampai perlu menuliskan artikel khusus tentang dia?

Perbuatan Hilman itu, saya ketahui setelah membaca berita kecil yang dimuat Koran Republika edisi Jumat, 20 Februari 2015. Dalam berita yang dimuat koran miliknya Eric Tohir itu, Hilman diberitakan telah menghibahkan perbukitan miliknya yang terletak di Bukit Jati Bungkus, Kebumen, Jawa Tengah. Bukit yang dihibahkan Hilman, luasnya mencapai 13.640 meter persegi. Bukit itu Hilman hibahkan kepada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Bukit yang dihibahkan Hilman itu, bukan bukit sembarang bukit. Tapi bukit yang punya nilai ilmiah. Sebab bukit ity memiliki susunan batuan yang punya nilai ilmiah, di dalamnya terdapat artefak bumi yang memang harus dijaga keberadaannya. Bukit milik Hilman, bisa jadi sumber kajian ilmiah geologi, begitu menurut keterangan Kepala Unit Pelaksana Teknis Balai Informasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung Kebumen LIPI, Edi Hidayat yang dikutip Koran Republika dalam beritanya.

Karangsambung sendiri, mengutip keterangan Edi Hidayat, memiliki kandungan fosil bawah laut. Di sana juga mengandung keanekaragaman bebatuan yang sangat bervariasi. Tentu, hibah bukit dari Hilman, sangat berharga bagi penelitian, terutama bagi mahasiswa geologi.

Karangsambung sendiri sudah ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Alam Geologi Nasional, pada 10 November 2006 oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau Kementerian ESDM. Cagar Alam Geologi Karangsambung total luas wilayahnya mencapai 22.150 hektar yang membentang di tiga kabupaten, yakni Kebumen, Wonosobo dan Banjarnegara. Wilayah terluas ada di Kabupaten Kebumen. Menurut Kepala LIPI Iskandar Zulkarnain yang keterangannya ikut dikutip Koran Republika, belum jadi mahasiswa geologi jika belum belajar di Karangsambung.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini