Apa itu Drone?

by
February 27th, 2015 at 11:25 am

CiriCara.com – Presiden Jokowi, ketika menjalani debat presiden sempat mengatakan bahwa kalau dia terpilih jadi presiden, salah satu program yang akan diwujudkannya adalah Indonesia harus punya ‘drone’. Apa itu ‘drone’?

drone

Pesawat tanpa awak – Ist

Drone adalah pesawat nir awak atau pesawat tanpa awak. Operasional pesawaat drone, dikendalikan dari jarak jauh. Sekarang fungsi ‘drone’ semakin sering digunakan dalam berbagai keperluan tak hanya untuk operasi militer. Mengutip berita yang dimuat Kompas, edisi sabtu, 10 Januari 2015, pesawat ‘drone’ sekarang ini mulai dikembangkan untuk keperluan di bidang kesehatan misal mengangkut obar-obatan dan peralatan medis, terutama untuk menembus daerah konflik atau bencana.

Pesawat drone juga banyak dipakai untuk sektor pertanian, misal untuk keperluan evaluasi kondisi tanah atau memetakan jalur traktor, atau juga untuk menyebarkan pestisida, air dan pupuk. Drone juga dipakai untuk keperluan laporan cuaca, mendeteksi badai, memperkirakan dan mempelajari cuaca. Fungsi lainnya, drone dipakai untuk pemetaan tiga dimensi, survei lapangan permukaan kemudian dibuat dalam bentuk peta.

Pesawat ‘drone’ juga sudah mulai dipakai untuk operasi pencarian dan penyelamatan, terutama pada malam hari di area yang luas dan sulit dijangkau. Juga dipergunakan untuk memonitor kehidupan liar, memantau populasi dan kehidupan hewan serta membantu dalam kegiatan konservasi hutan.

Pesawat ‘drone’ juga mulai dikembangkan untuk keperluan jurnalistik, misal untuk membawa foto, memotret, merekam video dan pengumpulan data. Juga mulai dipergunakan untuk pengiriman barang dan makanan.

Berikut saya tambahkan penjelasan yang saya kutip dari situs Wikipedia.org. Menurut Wikipedia, pesawat drone, adalah pesawat nirawak alias tanpa penerbang. Pesawat ini tak memerlukan seorang pilot untuk memandu pesawat. Pesawat ini sering disebut sebagai pesawat UAV atau Unmanned Aerial Vehicle. Pesawat UAV adalah sebuah mesin terbang yang dikendalikan secara jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri. Lazimnya pesawat, drone juga menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya.

Sekarang pesawat ‘drone’ banyak dipakai untuk keperluan operasi militer. Dalam operasi di Afghanistan, Amerika Serikat misalnya mengandalkan pesawat ‘drone’ untuk membombardir pertahanan dan persembunyian kelompok Taliban. Laiknya pesawat tempur, pesawat ‘drone’ juga mampu membawa senjata maupun bom. Pesawat ini juga bekerja seperti pesawat tempur, menembakkan rudal dan menjatuhkan bom.

Menurut Wikipedia.org, kontrol pesawat tanpa awak auan. Walaupun banyak laporan mengatakan bahwa banyak serangan pesawat tanpa awak yang berhasil tetapi pesawat tanpa awak mempunyai reputasi untuk menyerang secara berlebihan atau menyerang target yang salah.

Kabar gembiranya, beberapa perusahaan dalam negeri di Indonesia seperti PT Dirgantara Indonesia, PT UAV Indo, PT Globalindo Tekhnologi Service Indonesia, PT RAI (Robo Aero Indonesia), PT Aviator dan PT Carita sudah mampu membuat ‘drone’. Tapi ‘drone’ buatan anak negeri, masih untuk keperluan non militer.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini