Apa Itu Malware?

by
February 27th, 2015 at 1:44 pm

CiriCara.com – Kamu pengguna smarthphone? Terus tiba-tiba ponsel kamu itu lemot? Mungkin ini salah satu sebabnya.

malware

Malware – Ist

Sebagai pengguna ponsel pintar kita juga harus menggunakannya dengan pintar. Selain mengerti cara menggunakan kita juga harus tahu ancaman apa yang mungkin terjadi pada gadget yang kita gunakan tersebut. Salah satu ancaman yang memungkinkan bakal menyerang adalah malware (malicious software). Secara awam kita biasa sebut sebagai “virus”.

Platform yang paling rentan terhadap ancaman ini, yaitu Android. Dibalik kecanggihannya platform ini memiliki kelemahan. Karena Android termasuk platform open source. Hal ini menjadi sasaran empuk bagi para pelaku cybercrime (kriminal siber). Kita enggak boleh menyepelekan ancaman ini. Seiring perkembangan teknologi, maka virus-virus cyber pun berkembang biak layaknya jamur di tempat lembab. Sebab kini virus bukan hanya menyerang perangkat personal computer. Oleh karena itu, kita harus membekali diri dengan terus memperbaharui pengetahuan kita mengenai perkembangan teknologi.

Malware adalah software “jahat” yang dibuat seseorang yang memang memiliki motivasi untuk merugikan orang lain. Malware telah mengalami perkembangan pesat, bukan hanya merusak, sekarang bahkan dapat “menelanjangi” data-data pengguna gadget. Apabila perangkat komunikasi kamu yang canggih itu terjangkit malware, maka beberapa hal ini yang akan terjadi.

Pertama, ponsel kamu bakal lemot. Malware yang menjangkit ponsel akan menginstal program yang berjalan terus menerus. Ini mempengaruhi daya tahan baterai ponsel kamu yang pastinya bakal cepat drop. Bukan hanya itu, kemungkinan pulsa kamu pun akan terkuras atau kuota internet kamu seolah hilang lenyap padahal jarang digunakan.

Kedua, malware yang mewabah di ponsel kamu memungkinkan orang yang menyebarkan malware itu mengambil data-data pribadi kamu yang penting tanpa sepengetahuan kamu. Ini yang paling berbahaya karena data-data itu bisa dipakai untuk kepentingan yang tentunya pasti tidak baik, misal dijual atau untuk menipu.

Ironisnya, perangkat komunikasi pintar yang umumnya kita gunakan saat ini tidak hanya kita manfaatkan sebagai sarana komunikasi tetapi juga untuk menyimpan data pribadi atau yang paling sensitif, yaitu menyimpan data transaksi mobile banking. Penggunaan smartphone kian hari makin beragam. Kita biasa memanfaatkannya untuk mobile gaming, mengakses social media, menyimpan data-data pekerjaan, dll.

Jangan langsung parno pakai smartphone. Karena ada ko tindakan preventif yang bisa kamu lakukan untuk menghindari malware. Hati-hati jangan sembarang men-download aplikasi atau games yang developer-nya enggak jelas. Biasanya ini ada pada aplikasi yang gratis (walau enggak semuanya kaya gitu sih). Karena pembuatnya memasang ulang sebuah game/aplikasi yang sangat mirip dengan yang populer. Misal, Candy Crush, Angry Bird namun ternyata sudah disuntikan malware.

Jadi, intinya di era teknologi ini kamu harus bijaksana dalam menggunakan apapun perangkat teknologi apalagi yang bisa terhubung dengan internet. Inget untuk perbaharui terus pengetahuan kamu.

Penulis: Siahaan Rona

Comment di sini