Apa itu Power Bank dan Fungsinya

by
February 27th, 2015 at 2:47 pm

CiriCara.com – Istilah  Power Bank (PB) sering kita dengar, tetapi kemanfaatnya kadang kita belum begitu jelas, Istlah tersebut berasal dari Bahasa Inggris yang berarti “media penyimpan daya” demikianlah power bank.  Merupakan alat kecil yang mudah dibawa kemana-mana seperti HP.

power bank

Power Bank tetap awet – Ist

Inti dari fungsi dari power bank adalah men-charge kembali gadget, HP, Laptop, Notebook atau alat elektronik sepadanya, saat kehabisan daya atau baterainya low-bat, apabila kita berada dalam posisi jauh dari stop-kontak listrik, sehingga kita gunakan untuk mengisi ulang daya dimanapun dan kapanpun juga tanpa kontak listrik. Power bank tersebut diciptakan untuk khalayak pebisnis yang mobile setiap hari, baik di lapangan yang jarang masuk ruangan, dan mudah digunakan apabila kita diperjalanan. Benda unik dan mungil ini mempunyai kapasitas daya berbeda-beda mulai dari 3000 mAh sampai 30000 mAh.

Penggunaan media ini sangat mudah, cukup mengisi atau men-charge power bank sampai penuh. Setelah itu power bank kita gunakan untuk mengisi baterai seperti HP, Laptop, Notebok, dan lain-lain, bila kapasitas baterai kita 1500 mAh. Jadi power bank yang berkapasitas 3000 mAh dapat mengisinya hingga dua kali isi. Power bank dilengkapi kabel penghubung, sehingga dapat digunakan berbagai macam gadget. Dijual dengan harga terjangkau dibawah Rp.1000.000, boleh dikatakan bukan barang mewah, mengingat media tersebut sangat besar manfaatnya. Saat ini power bank dapat ditemui di beberapa toko gadget, karena hampir semua perusahaan-perusahaan di dunia telah memproduksi alat unyu tersebut.

Anda ingin memiliki media ini, cobalah beberapa tips berikut:

  • Perusahaan. Cari tau perusahaan yang memproduksi media PB tersebut, apakah sudah ahli dibidang battery atau belum, apabila sudah, berarti nilai plus suatu power bank.
  • Kualitas.  Sebuah PB (power bank) bukan saja dilihat dari sistem kinerja dan berapa cepat dalam pengisian energy yang diberikan, perlu diketahui juga pengaruh gadget yang kita cas, jika sembarangan, bukannya gadget kita akan terisi, malah merusak daya tampung baterai.
  • Kapasitas. Kapasitas sebagai penetu seberapa kali power bank dapat kita manfaatkan, tentu power bank dengan kapasitas yang real, output yang real dan sesuai kebutuhan pengisian.
  • Fitur. Beberapa power bank yang dijual di pasaran memiliki fitur tambahan, tanpa mengesampingkan fungsi utamanya sebagai portable charger. Power bank yang ada lampu senternya, bisa WIFI dan lain-lain hal ini bisa mengakibatkan arus output tidak stabil.
  • Model, carilah model power bank yang lebih portable, biarpun kecil mungil, mudah dibawa kemana-mana dan tidak makan tempat.
  • Cells, cells yang digunakan dalam power bank harus diketahui menggunakan cell apa, sebaiknya adalah Japan Cells
  • Colokan/konektor. Yang perlu diketahui dengan konektor, gunakan kabel data bawaan dari gadget sebab itu lebih bagus daripada konektor yang disediakan oleh powerbank, jadi apapun powerbannya gunakan kabel data bawaan gadget.
  • Garansi. Cari atau belilah power bank yang memberikan garansi minimal 1 tahun, garansi mencerminkan kepedan suatu merek.
  • Harga. Ada kualitas ada harga itu hal yang wajar. Survey membuktikan bahwa powerbank berkapasitas 5000mAh, kualitasnya lebih bagus dan harganya sekitar Rp.300.000,- jadi jangan ketipu bila harga murah dengan kapasitas besar.

Penulis: MasArif

Comment di sini