Apa itu Suku Asmat?

by
February 27th, 2015 at 9:38 am

CiriCara.com - Suku Asmat merupakan suku terbesar dan paling terkenal di antara sekian banyak kesukuan yang ada di Papua, Irian Jaya. Keterkenalnya suku ini karena hasil dari ukiran kayu tradisional yang khas. Beberapa ornament-ornament serta motif-motif yang seringkali digunakan dan menjadi tema tertentu dalam proses pemahatan patung-patung yang dilakukan oleh pendudukan Suku Asmat.

asmat

Suku Asmat – Ist

Suku Asmat dalam mengaplikasikan hasil pahatanya kadang mereka akan mengambil tema tentang nenek moyang dari suku mereka atau “mbis”, tetapi kadang juga mereka membuat tema tentang pahatan patung yang bermotif sebuah perahu atau “Wuramon”. Pahatan kayu yang bertema perahu arwah tersebut mempunyai makna bahwa perahu tersebut akan membawa nenek moyangnya ke alam kematian. Tradisi pemahatan ini menurut Suku Asmat merupakan perwujudan dari cara mereka melakukan ritual untuk mengenak para arwah-arwah leluhurnya.

Persebaran Suku Asmat mendiami di wilayah sekitar pantai laut terutama di Arafuru dan pegunungan Jayawijaya dengan medan yang cukup curam, dan mereka menempati hutan belantara yang cukup lebat. Dalam kehidupan keseharian Suku Asmat bahwa batu yang kita lihat dijalanan, ternyata mempunyai harga yang tinggi bagi mereka. Karena dengan batu-batu itu bisa dijadikan mas kawin. Sehingga sangat sulit bila akan menemui Suku Asmat, karena tempat yang digunakan untuk rumah-rumahnya berbentuk rawa-rawa.

Ciri-ciri fisik Suku Asmat

Bahwa kondisi fisik Suku Asmat umumnya berkulit hitam dan berambut keriting, tubuhnya cukup tinggi dan rata-rata tingginya orang Asmat bagi perempuan sekitar 162 cm dan tinggi badan laki-lakinya mencapai 172 cm.

Mata pencaharian Suku Asmat

Mata pencaharian Suku Asmat adalah mencari makan antara suku dengan suku yang lain di wilayah Distrik Citak-Mitak ternyata hampir sama. Suku Asmat Darat, Citak dan Mitak mempunyai kebiasaan keseharian dalam mencari nafkah dengan berburu binatang hutan, seperti burung kasuari, babi hutan, ular, kambing hutan dan lain-lain.  Mereka juga meramun/menokok sagu sebagai makanan pokoknya dan mencari ikan.

Adat istiadat Suku Asmat.

Suku Asmat menganut aliran Animisme, hingga datangnya dari para Misionaris pembaca ajaran baru, maka mereka mulai mengenal agama lain selain agama nenek moyangnya. Hingga saat ini mereka menganut beberapa agama seperti: Katholik, Protestan, Islam seperti pada masyarakat pada umumnya.

Demikian tentang Suku Asmat, selamat membaca.

Penulis: MasArif

Artikel terkait: Apa itu Suku Maori?, Apa itu Suku Maya?

 

Comment di sini