Hashi, Permainan Olah Otak Asal Jepang

by
February 27th, 2015 at 4:20 pm

CiriCara.com – Pernah main sudoku? Ya, sudoku adalah salah satu jenis permainan asah otak yang juga berasal dari negeri sakura. Di Indonesia, sudoku sempat menjadi permainan yang sangat populer beberapa tahun silam. Tak lama dari menanjaknya kepopuleran sudoku, diperkenalkan juga Hashihokakero atau yang banyak disingkat sebagai Hashi. Sayangnya, Hashi tidak dapat mengikuti kepopuleran sudoku. Permainan ini pun tidak banyak dikenal orang.

hashi

Hashi – Ist

Hashihokakero atau yang berarti membangun jembatan adalah sebuah permainan asah otak yang seusai dengan namanya, esensinya adalah membangun jembatan. Berbeda dengan permainan sudoku yang ‘papannya’ merupakan kotak 9X9 yang berisikan angka-angka, ‘papan’ Hashi memiliki lingkaran yang letaknya tidak berurutan yang di dalamnya terdapat angka. Angka tersebut menunjukkan jumlah jembatan yang boleh dibangun dari satu lingkaran ke lingkaran lainnya.

Dari lingkaran satu ke yang lainnya, maksimal hanya boleh ada 2 jembatan yang menyambungkan 2 lingkaran atau pulau. Artinya, jika sebuah lingkaran berisikan angka 3 dan yang lainnya berisikan angka 4. jembatan yang boleh dibuat untuk menyambungkan kedua pulau tersebut tetap hanya 2 saja. Tantangannya adalah menyatukan semua lingkaran di papan dengan menggunakan semua jembatan yang diminta oleh setiap pulau dan hanya boleh membuat jembatan vertikal dan horizontal, tidak saling memotong.

Menemukan jawabannya mungkin relatif sulit. Hal ini dikarenakan banyak alternatif yang dapat dibuat untuk menghubungkan satu pulau ke pulau lainnya. Walaupun demikian, setiap papan Hashi hanya memiliki satu jawaban yang benar. Karenanya menemukan jawaban yang benar di antara alternatif itulah yang menantang.

Saat ini, permainan Hashi sudah tidak lagi hanya ada di buku. Sama seperti Sudoku, permainan ini juga telah dibuat dalam bentuk digitalnya. Terbukti dengan adanya aplikasi hashi di smartphone. Hashi juga telah berkembang. Beberapa aplikasi mengembangkan peraturan permainan ini agar tidak menjadi terlalu sulit. Salah satunya adalah dengan memperbolehkan 3 jembatan untuk menjembatani 2 pulau. Hal ini memberikan kemudahan bagi para pemain pemula yang belum terbiasa dengan permainan ini.

Tertarik untuk mencoba?

Penulis: Myra Florencia

Artikel terkait: Ayo! Test IQ Lewat Tebak-tebakan Warna

Comment di sini