Kopi Instan Ternyata tidak Baik Untuk Kesehatan

by
February 27th, 2015 at 10:23 am

CiriCara.com – Mungkin tidak afdol rasanya bila mengawali rutinitas tidak di awali dengan enyeduh dan menyeruput kopi. Menyeruput kopi, bisa dikatakan telah menjadi tradisi di negeri ini. Trertutama ketika akan mengawali rutnitas keseharian. Sahabay saya sampai bilang, tak menyeruput kopi di pagi hari sebelum berangkat kerja, seperti makan sayur asem tanpa garam. Rasanya anyep tanpa rasa. Tapi jika sudah menyeruput secangkirt atau segelas kopi, berangkat kerja pun disertai dengan semangat berlipat.

kopi

Kopi instan – Ist

Namun bagi pengemar berat kopi, menyeruput minuman berkafein itu, tak sekedar di awal hari sebelum berangkat kerja. Tapi, nanti saat rehat di tengah hari, tradisi menyeruput kopi kembali dilakukan. Bahkan saat kerja pun, ada yang tak bisa lepas dari kegiatan menyeruput kopi. Di meja kerja wajib harus ada segelas kopi. Dan bagi penggemar kopi kelas kakap, bergelas-gelas kopi bisa ditandaskan hanya dalam sehari.

Menyeduh dan menyeruput kopi pun sekarang kian praktis, dan gampang. Banyak produk kopi instan siap seduh yang sudah lengkap dengan gulanya. Tinggal sediakan air panas dalam gelas, tuang satu sachet kopi instan, maka tradisi menyeruput kopi pun sudah bisa dijalani. Bahkann bagi yang suka krimer, tak usah ribet lagi, karena sudah banyak pula produk kopi instan plus krimer. Bicara kopi plus krimer, sekarang yang sedang ngetren adalah kopi putih plus krimer nabati.

Tapi siapa sangka, bila produk kopi instan itu ternyata punya efek negatif bagi kesehatan tubuh yang tak bisa dianggap enteng. Terutama efek negatif kopi instan plus krimer nabati. Informasi tentang efek negatif produk kopi instan plus krimer nabati itu saya dapatkan dari Koran Republika edisi 26 Januari 2015.

Menurut penjelasan yang diungkapkan pakar pertanian dari Universitas Jembern Profesor Ahmad Subagio yang dikutip oleh Republika sebagai narasumber berita, kopi instan bisa menimbulkan efek negatif yang bisa. memperburuk kondisi kesehatan. Adalah kandungan krimer nabati yang terkandung di beberapa produk kopi instan yang bisa timbulkan efek negatif bagi kesehataan tubuh. Efeknya yang ditimbulkan, produk kopi instan dapat memicu penyakit hipertensi atau darah tinggi.

Menurut Pak Profesor Subagio, jika kita mengkonsumsi produk kopi instan yang mengandung krimer nabati secara berlebihan, efeknya bisa negetif. Penyakit hipertensi potensial mampir ke tubuh kita. Fatalnya, bisa membuat pembuluh darah tersumbat. Kenapa bisa begitu? Menurut Pak Profesor, efek negetif muncul karena krimer nabati tak dapat dicerna secara sempurna oleh tubuh.

Di berita itu juga Pak Profesor membuktikan efek negatif krimer nabati lewat sebuah penelitian sederhana. Kata Pak Profesor, coba sediakan tiga buah lilin. Nyalakan. Lalu lilin yang sudah nyala itu taburi dengan krimer nabati. Nyala lilin akan makin besar, bukan sebaliknya mati. Kenapa nyala lilin membesar, karena menurut Pak Profesor, krimer nabati bersifat eksplosif alias mudah meledak. Dan tentu bila punya sifat seperti itu, krimer nabati sebenarnya kurang baik bagi kesehatan tubuh. Maka, bila terlalu banyak menyeruput kopi instan berkrimer nabati, kata Profesor Subagio, sama saja kita seperti menkonsumi kolesterol kering. Ya boleh saja kata dia, mengkonsumsi kopi instan plus krimer nabati, tapi jangan berlebihan. Sewajarnya saja, jangan sampai bergelas-gelas.

Dalam berita itu juga, Pak Profesor Subagio bicara tentang proses pembuatan kopi putih. Kata dia, proses pembuatan kopi putih sebenarnya tak memenuhi standar kesehatan karena kopi disangrai dengan suhu kecil. Akibatnya kandungan kafein dan asam dalam kopi tak mengalami penurunan. Jadi sekarang, ngopilah secukupnya saja. Jangan berlebihan, karena efeknya kurang baik bagi tubuh. Penjelasan dari Profesor Subagio adalah buktinya.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini