Medsos “Kalahkan” Koran dan Radio

by
February 27th, 2015 at 1:52 pm

CiriCara.com – Ada sebuah fakta menarik yang saya dapatkan dari sebuah berita yang dimuat Koran Kompas, salah satu koran dengan tiras terbesar di Indonesia. Dalam edisi cetak, Jumat 20 Februari 2015, Koran Kompas menurunkan berita tentang hasil jajak pendapat yang dilakukan Litbang Koran Kompas. Jajak pendapat yang dilakukan Litbang Koran Kompas itu melibatkan 234 pelajar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, sebagai respondennya. Penelitian terkait dengan pemakain gadget di kalangan remaja, khususnya para pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA).

sosial media

Media Sosial – Ist

Hasilnya menurut saya cukup menarik. Remaja di Jabodetabek berdasarkan hasil jajak pendapat tersebutt ternyata lebih mengandalkan gadget untuk mendapatkan sumber informasi sehari-hari mereka. Mereka lebih suka mengakses media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, Path, situs video streaming seperti Youtube untuk mendapatkan informasi tentang apapun, termasuk mengupadate isu-isu mutakhir. Informasi via gadget lebih banyak dipilih dan disukai ketimbang informasi yang dimuat koran, majalah atau yang disiarkan radio.

Litbang Kompas sendiri melakukan jajak pendapat pada 7-8 Februari 2015 dengan jumlah responen yang dilibatkan sebanyak 234 orang. Responden penelitian adalah pelajar SMA atau sederajat yang diambil dari beberapa sekolah di wilayah Jabodetabek. Namun pihak Litbang Kompas menegaskan hasil angket atau penelitian yang dilakukannya tak dimaksudkan untuk mewakili pendapat seluruh pelajar SMA yang ada di Jabodetabek.

Berikut hasil lengkap dari jajak pendapat yang dilakukan Litbang Kompas. Saat responden ditanya apakah selalu membawa gagdet dalam kegiatan sehari-hari, sebanyak 86,3 persen responden menjawab ya, selalu membawa gadget dalam kegiatan sehaari-hari. Sisanya 13,7 persen responden menjawab kadang-kadang membawa gadget daalam kegiatannya sehari-hari.

Lalu berapa waktu yang dihabiskan bermain gadget setiap hari? Sebanyak 40,6 persen responden menjawab 3-6 jam. Hasil lainnya, sebanyak 31,6 persen responden menyatakan menggunakan gadget lebih dari 6 jam. Sisanya 27,8 persen responden menjawab memakai gadget 1-3 jam dalam sehari.

Dalam jajak pendapat itu juga diajukan pertanyaan darimana mereka mendapatkan sumber informasi sehari-hari? Hasil jajak pendapat mencatat, sebanyak 16,2 persen responden menyatakan mendapatkan sumber informasi sehari-haari lewat televisi. Sementara responden yang menjawab mendapatkan sumber informasi sehari-hari dari koran atau majalah hanya 0,9 persen saja. Hasil jajak pendapat lainnya, sebanyaak 1,3 persen responden menyatakaan mendapatkan sumber informasi sehari-hari melalui radio.

Dan yang menjawab mendapat sumber informasi sehari-haris via gadget, entah itu dari layanan TV streaming seperti Youtube atau dari media sosial sebanyak 81,6 persen responden. Jadi bila melihat hasil jajak pendapat tersebut, trennya, para remaja lebih suka mengandalkan gadget untuk dapat informasi, ketimbang mendapatkannya dari kegiatan baca koran atau majalah.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini