Tips Budidaya Ikan Cupang

by
February 27th, 2015 at 1:20 pm

CiriCara.com – Saat ini semua orang ingin mencari peluang usaha yang mandiri, ada berbagai jenis wirausaha, dari pemeliharaan jangkrik, burung berkicau, pemeliharaan merpati, pemeliharaan bebek, lele, ayam dan lain sebagainya. Kini yang lagi tren adalah peluang usaha budidaya ikan cupang. Ikan cupan dalam pemeliharaan atau budiayannya tidak memerlukan modal besar, bisa dilakukan sebagai usaha rumahan.

usaha ikan cupang

Ikan cupang – Ist

Profil Ikan Cupang merupakan salah satu ikan hias yang mudah dipelihara, tidak membutuhkan tempat yang luas (tidak seperti pemeliharaan ikan lele). Ikan ini biasa hidup di air tawar dan daerah tropis dan banyak ditemukan perairan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Di dalam bebas ikan jenis Cupang hidup berkelompok, habibat terbanyak ada di rawa-rawa, sungai atau danau, ikan ini betah dalam sungai yang airnya tenang.

Keunikan ikan cupang adalah tentang daya tahannya, ia sanggup dalam lingkungan air minum oksigen, bisa dipelihara dalam toples kecil tanpa aerator. Ketahanan ikan ini karena mempunyai rongga lambirin seperti paru-paru manusia. Lambirin tersebut berfungsi untuk bertahan walau lingkungannya miskin oksigen.

Jenis ikan cupang

Jenis ikan cupang ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu cupang hias dan cupang adu. Cupang hias dipelihara hanya untuk dinimati keindahan bentuknya, warna serta gerakannya. Sedangkan Cupang Adu, dipelihara hanya untuk diadu ikan. Ada sekitar 73 spesies ikan cupang yang ada di bumi ini, namun ke-73 spesies ikan tersebut populer, hanya jenis ikan cupang yang terkenal yaitu kelompok “plendens complex” yang terdiri dari Beta Splendens, Betta Stiktos, Betta Mahachai, Betta Imbellis.

Cara memilih indukan ikan cupang

Apabila kita ingin membudidayaka ikan cupang, maka langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah mencari indukan atau bibit yang berkualitas. Indukan ini sebisa mungkin dari keturunan yang unggul, carilah kondisi yang masih bugar, bebas penyakit dan cacat bawaan. Simpan indukan jantan dan betina secara terpisah. Tetapi sebelum dilakukan pemijahan kita harus mengetahui jenis ikan yang jantan dan betina

  • Ciri-ciri ikan cupang  jantan: Ikannya berumur 4-8 bulan, Bentuk badannya panjang, Siripnya panjang dan berwarna terang,Lincah dan agresif gerakannya.
  • Untuk cupang betina:Ikannya berumur 3-4 bulan,Bentuk badan bulat, bagian perut agak buncit, Siripnya pendek dan berwarna kusam tidak menarik, Lambat gerakannya

Cara Pemijahan ikan cupang

Sediakan tempat yang berwadah dari baskom plastik atau akuarium kecil dengan ukuran 20x20x20 cm. siapkan gelas plastik untuk tempat cupang yang betina, ditambah tumbuhan air seperti kayambang.

Dalam satu kali perkawinan, ikan mengasilkan 1000 butir terlur. Telur menetas dalam waktu 24 jam setelah pembuahan.

Indukan jantan bisa dikawinkan hingga 8 kali dengan jeda waktu sekitar 2-3 minggu.  Sedangkan paling irit bahwa indukan betina hanya dikawinkan satu kali saja. Bila dipaksakan, maka akan mengalami penurunan keragaman jenis kelamin, dimana anakan ikan semakin didominasi oleh kelamin betina.

Penulis: MasArif

Comment di sini