Apa itu Akreditasi?

by
March 2nd, 2015 at 3:19 pm

CiriCara.com – Akreditasi merupakan suatu bentuk pengakuan dari pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan swasta. Pengakuan tersebut diberikan oleh lembaga atau badan yang mempunyai kewenangan setelah melalui penilaian bahwa lembaga tersebut memenuhi syarat tingkat kebakuan atau mempunyai kriteria tertentu. Sebagai contohnya akreditasi pada lembaga atau perguruan tinggi pada metode tes laboratorium dan sertifikasi spesialis yang diperbolehkan oleh lembaga tersebut secara resmi.

akreditasi

Akreditasi – Ist

Kegiatan penilaian sekolah atau lembaga perguruan tinggi dalam peng-akerditasian dilakukan secara sitematis dan komprehensif melalui berbagai kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah atau lembaga perguruan tinggi tersebut. Pada umumnya yang sering dilakukan adalah bahwa pengakreditasian sekolah atau lembaga perguruan tinggi dilakukan dengan membandingkan keadaan sekolah atau lembaga perguruan tinggi yang sebenarnya dengan kriteria standar yang telah ditetapkan. Sekolah atau lembaga pendidikan perguruan tinggi akan mendapatkan status “Terakreditasi”, apabila keadaan sekolah atau perguruan tinggi telah memenuhi standarisasi.

Ada beberapa jenis atau klasifikasi tahapan akreditasi, yaitu:

A (Amat Baik) penilaian antara 86-100,

B (Baik) penilaian antara 71-85,

C (Cukup) penilaian antara 56-70,

Apabila penilaian tersebut kurang dari 56 maka sekolah atau lembaga pendidikan tidak layak untuk mendapatkan status “Tergreditasi”

Adapun tujuan diadakannya Agreditasi adalah:

  1. Memberikan sebuah gambaran bahwa tingkat kinerja sekolah yang ditetapkan melalui pengembangan, peningkatan sekolah dari segi mutu, efisiensi, efektifitas, inovasi dan produktivitas.
  2. Memberikan jaminan kepada publik bahwa sekolah terebut telah terakreditasi serta menyediakan layanan pendidikan yang berstandarisasi.
  3. Memberikan informasi kepada publik bahwa peserta didik mendapat pelayanan yang  baik yang sesuai dengan standar nasional.

Beberapa hal harus diperhatikan oleh pihak terkait dengan masa akreditasi, antara lain :

  1. Jatuh tempo peringkat akreditasi berlaku selama 4 tahun, sejak ditetapkannya.
  2. Sekolah diwajibkan mengajukan permohonan reakreditasi 6 bulan sebelum masa akreditasi berakhir,
  3. Mengajukan oleh pihak sekolah permohonan sekurang-kurangnya 1 atau 2 tahun setelah ditetapkanya akreditasi.
  4. Apabila masa akreditasinya telah berakhir, serta sudah mengajukan permohonan reakreditasi namun tidak/belum direspon, maka sekolah tersebut masih menggunakan peringkat akreditasi sebelumnya.
  5. Sekolah yang masa akreditasnya berakhir dan menolak untuk mengulangi akreditasinya, maka peringkat terdahulu tidak berlaku.

Penulis: MasArif

Artikel terkait: Apa itu Madridista?, Apa itu Iklan?, Apa itu Poster?

Comment di sini