Apa itu Iklan?

by
March 2nd, 2015 at 11:42 am

CiriCara.com – Ketika jeda acara televisi, pasti kita menonton tayangan iklan. Ketika anda membaca majalah, surat kabar atau tabloid, pasti ada selipan iklan di beberapa halaman. Iklan. Sebenarnya apa sih, iklan itu?

iklan

Iklan – Ist

Istilah ‘iklan’ merupakan ejaan bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa Melayu. Iklan sendiri berasal dari bahasa Arab, i’lan, artinya meneriakkan secara berulang-ulang. Jadi, singkatnya, iklan adalah menyerukan informasi atau pengumuman, membuat audiens berpaling dan memperhatikan informasi yang kita berikan.

Iklan bisa muncul di mana saja, menyampaikan informasi kepada audiens dengan menggunakan media apapun. Kita bisa menemukan iklan di media elektronik seperti tayangan televisi, radio, internet dan sejenisnya. Adapula iklan media cetak, yakni majalah, surat kabar, tabloid, di tepi jalan raya, bahkan di pinggir lapangan sepak bola. Benar, kan?

Orang sering mengatakan bahwa iklan adalah media yang mempromosikan suatu produk. Padahal, ada pula iklan yang tidak bersifat komersial, seperti iklan layanan masyarakat.

Periklanan merupakan sarana penyampaian pesan atau informasi suatu produk atau jasa, dari produsen ke penerima pesan (masyarakat) agar masyarakat terpancing atau tertarik untuk mengikuti.

Berdasarkan sifatnya, iklan dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yakni :

1. Iklan komersial, yakni iklan yang menyampaikan hal/barang/jasa yang bersifat perdagangan. Iklan ini bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Tentu saja, pihak produsen lah yang lebih diuntungkan.

2. Iklan non-komersial, yakni iklan yang menyampaikan pesan tentang hal-hal yang bersifat sosial. Iklan ini sering disebut ILM (Iklan Layanan Masyarakat). Kalian pasti sering melihat reklame tentang program imunisasi, program KB, atau seruan kesehatan. Jika masyarakat mengikuti iklan ini, mereka lah yang akan diuntungkan.

Dalam bahasa Inggris, Iklan Layanan Masyarakat disebut PSA (Public Service Announcement). Tentu saja, ILM atau PSA ini menyajikan pesan atau informasi sosial dengan tujuan membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap masalah yang harus mereka hadapi, misalnya hal yang bisa mengancam kehidupan umum. Jadi, ILM merupakan suatu cara untuk mengajak masyarakat untuk berpikir dan menyadari suatu permasalahan umum. Misalnya, dampak buruk pembuangan sampah sembarangan. Apakah kamu tahu contoh ILM yang lain?

Penulis: Khaeriya

Artikel terkait: Apa itu Poster?, Apa itu Malware?, Apa itu Kriminalisasi?

Comment di sini