Apa itu Madridista?

by
March 2nd, 2015 at 2:28 pm

CiriCara.com – Dalam koran Kompas, edisi Selasa 17 Februari 2015 ada sebuah berita kecil tentang Marwan Jafar, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla. Marwan sendiri adalah politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sebelum dijabat Marwan, posisi menteri pembangunan daerah tertinggl dijabat oleh Helmy Faishal Zaini yang juga kolega Marwan di PKB.

madrid

Madridista – Ist/Supersoccer.co.id

Berita tentang Marwan sendiri saya baca di kolom Nama dan Pertistiwa yang ada di halaman paling belakang Koran Kompas. Diberita itu diceritakan, bahwa Marwan gemar berolahraga. Olahraga yang digemari Marwan adalah sepakbola dan bulutangkis. Dua cabang olahraga itu, menurut Marwan sebagai olahraga favoritnya. Sebagai penggemar sepakbola, Marwan tentunya punya klub yang disukainya. Di berita itu, Marwan menyatakan ia seorang Madridista.

Apa itu Madridista? Madridista adalah sebutan bagi penggemar pendukung, atau fans setia klub besar yang berlaga di Liga Spanyol yaitu Real Madrid. Klub Real Madrid sendiri punya julukan El Real. Madridista Indonesia adalah wadah resmi para pendukung Real Madrid di Tanah Air. Bahkan Madridista Indonesia telah diakui secara resmi oleh Real Madrid sebagai fans club resmi klub tersebut.

Kini jejaring Madridista, tersebar di banyak kota di seluruh Indonesia. Setiap Real Madrid bertanding, para anggota Madridista selalu menggelar acara nonton bareng atau nobar. Jumlah anggotanya pun sangat banyak. Kabarnya jumlah fans Real Madrid di Indonesia, mencapai 8 juta orang. Jumlah ini disebut-sebut fans El Real terbanyak di seluruh dunia.

Mengutip Wikipedia.org, nama lengkap dari klub Spanyol tersebut adalah Real Madrid Club de Fútbol. Klub ini, selain dijuluki El Real, juga punya beberapa julukan, seperti Los Blancos (Tim Putih), Los Merengues (Tim Meringue) dan Los Vikingos (Tim Viking). Menurut keterangan di Wikipedia.org, Real Madrid idirikan pada 6 Maret 1902 atau 112 tahun yang lalu. Klub ini sekarang bermarkas di Stadion Santiago Bernabeu yang punya kapasitas 85.454 kursi penonton.

Sekarang Real Madrid dilatih oleh Carlo Ancelotti. Pemain paling tenar di klub ini adalah Cristiano Ronaldo, pemain asal Portugal yang beberapa kali dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia. Klub ini menurut Wikipedia.org, adalah klub sepak bola terkaya di dunia. Real Madrid juga oleh FIFA dianggap sebagai satu klub terbaik abad ke-20. Mereka telah meraih 32 gelar La Liga, 18 gelar Copa del Rey, 8 Piala Super Spanyol, 1 Copa Eva Duarte, 1 Copa de la Liga, 10 gelar Piala Eropa atau Liga Champions UEFA, 2 Piala UEFA, 1 Piala Super UEFA, 3 Piala Interkontinental dan 1 Piala Dunia Antar klub FIFA.

Penulis: Agus Supriyatna

Artikel terkait: Apa itu Iklan?, Apa itu Poster?, Apa itu Malware?

Comment di sini