Apa itu Poster?

by
March 2nd, 2015 at 10:49 am

CiriCara.com – Poster biasanya banyak ditemui, tertempel di dinding pengumuman. Tahukah kamu, apa itu poster?

iklan

Poster iklan – Ist

Poster berasal dari kata ‘to post’ dalam bahasa Inggris artinya menempel. Singkatnya, poster adalah berita (informasi) yang ditempelkan dan dapat dilihat dari jarak tertentu.

Poster merupakan salah satu media massa cetak. Menurut Robin Landa dalam buku Graphic Design Solutions, poster adalah bentuk publikasi dua dimensi yang digunakan untuk menyajikan informasi atau mempromosikan orang, produk, tempat, perusahaan, jasa, acara, ataupun organisasi.

Poster berisi informasi untuk dibaca di tempat umum, dimana pembaca sedang bergerak. Oleh karena itu, poster harus dapat merebut perhatian publik. Selain itu, poster yang bagus ialah yang bisa memberikan informasi yang mudah dipahami pembaca dalam waktu hitungan detik. Jadi, poster harus mampu membujuk pembaca melalui pesan yang singkat dan jelas.

Poster yang menarik perhatian pembaca umumnya memiliki satu elemen yang dominan yang menarik. Poster selalu dibuat dengan paduan kreatifitas. Seperti gambar yang besar dan aneh di pusat poster atau tulisan berukuran besar sebagai judunya.

Umumnya, poster hanya memuat informasi yang paling penting dan mudah terbaca. Namun, di tepi-tepi jalan biasanya sering terlihat poster yang sulit dibaca, sehingga orang malas untuk melihat. Poster yang efektif umumnya memiliki kriteria : mampu menarik perhatian khalayak, mampu meyakinkan, memengaruhi, dan membentuk opini, menggunakan warna-warna yang mengesankan, dan tentu desainnya sederhana.

Lori Siebert dan Lisa Ballard dalam buku Making A Good Layout mengemukakan petunjuk perancangan poster yang baik, diantaranya :

1. Ukuran huruf untuk poster harus dibuat besar, sehingga mudah terbaca dari jarak yang diperkirakan, sekitar empat sampai enam meter.

2. Layout poster harus simpel, sehingga tidak membingungkan pembaca. Jadi, pembaca dapat dengan mudah menyerap infomasi atau pesan yang disampaikan.

3. Ada satu elemen yang dominan atau ditonjolkan. Entah itu dari judul atau ilustrasinya yang ‘wow’.

4. Huruf dan elemen visual disusun dalam urutan yang logis, dbaca dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.

5. Huruf sebaiknya diberi warna kontras dengan latar atau ilustrasinya, sehingga mudah terbaca.

Penulis: Khaeriya

Artikel terkait: Apa itu Malware?, Apa itu Kriminalisasi?

Comment di sini