Apa itu Suku Batak?

by
March 2nd, 2015 at 8:50 am

CiriCara.com – Suku Batak adalah satu dari beberapa suku bangsa di Indonesia, suku ini berdiam dan berasal dari Tapanuli dan Sumatera Timur. Dan di Sumatera Utara, suku yang berkategorikan sebagai Batak ialah Batak Toba, Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Pakpak, Batak Mandailing dan Batak Angkola. Agama yang dianut oleh suku Batak tesebut kebanyakan beragama Kristen Katolik, Protestan, adapula yang beragama Islam Sunni. Tetapi ada juga yang masih menganut kepercayaan pribumi yaitu tradisi Malim, disamping juga menganut kepercayaan Animisme atau disebut Sipelebegu atau Parbegu. Walaupun demikian jumlah penganut tersebut semakin berkurang.

batak

Suku Batak – Ist

Sekitar 2.500 tahun yang lalu sekitar zaman batu muda (Neolitikum) nenek moyang Batak pertama kali di Tapanuli dan Sumatera Timur, tetapi sebelumnya ditemuka di Taiwan kemudian berpindah ke Filipina dan Indonesia, orang Batak menggunakan bahasa Austronesia. Sejarahnya diduga bahwa nenek moyang Batak diketemukan Sumatera Utara pada zaman logam. Persebebaran suku Batak berawal sekitar abad ke-6, yaitu para pedagang-pedagang yang berasal dari Tamil India mendirikan kota dagang di Barus, pesisir barat Sumatera Utara. Meraka berdangan kapur Barus oleh petani-petani di pedalaman, Kapur Barus berasal dari tanah Batak, yang mempunyai mutu tinggi dan menjadi salah satu komoditas ekspor disamping menyan. Pada abad ke-10 Barus diserang oleh Kerjaan Sriwijaya. Sehingga pedagang Tamil terusir ke pesisir Sumatera. Dan pada tahun berikutnya pedagang Tamil dikuasai oleh pedagang Minangkabau dan sempat mendirikan koloni di pesisir Barat dan Timur.

Sebelum suku Batak Toba menganut agama Kristen Protestan, mereka pada umumnya menganut sistem kepercayaan dan religi Mulajadi na Balon yang mempunyai kekuasaan di atas langit dan terwujud dalam ‘Debata Natolu”, menyangkut jiwa dan roh, suku Batak Toba menganun tiga konsep yang masih dipertahankan:

  • Tondi, adalah jiwa atau roh seseorang yang mempunyai kekuatan. Oleh karenanya Tondi memberi nyawa kepada mansua. Tondi ada ketika seseorang masih dalam kandungan, bila Tondi meninggalkan raga seseorang, maka orang tersebu akan meninggal.
  • Sahala, merupakan jiwa atau roh kekuatan yang dimiliki seseorang. Sahala sejenis dengan Sumanta, tuah atau kesaktian dan Sahala ini kebanyakan dimiliki para raja.
  • Begu, merupakan tondi orang yang telah meninggal, yang tingkah lakunya sama dengan tingkah laku manusia dan biasanya muncul pada malam hari.

Demikian tentang suku Batak yang merupakan kelompok suku-suku di Indonesia yang perlu dilestarikan bersama-sama agar tidak punah. Selamat membaca.

Penulis: MasArif

Artikel terkait: Apa itu Suku Asmat, Apa itu Suku Maori, Apa itu Suku Maya

Comment di sini