Kandungan Unik dalam Buah Anggur

by
March 2nd, 2015 at 2:36 pm

CiriCara.com – Buah-buahan memang kita kenal sebagai makanan kesehatan yang kaya vitamin yang baik untuk tubuh manusia. Salah satu buah yang memiliki banyak manfaat adalah buah anggur. Apakah kamu penyuka buah yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae ini?

anggur

Buah Anggur – Ist

Anggur merupakan tanaman perdu merambat. Tanaman ini sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah. Namun, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Kemudian proses pengolahan buah ini tersebar luas ke berbagai penjuru dunia, Mulai dari daerah di Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, dan Austria. Penyebaran anggur berkembang samakin pesat berkat perjalanan Colombus yang membawa buah ini mengitari dunia.

Dalam perkembangannya, buah ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau bisa dimakan langsung sebagai buah segar.

Khasiat dari buah anggur memang tidak dapat diremehkan. Buah ini pun memiliki harga yang relatif lebih mahal bila dibandingkan buah lainnya seperti pisang, apel, dan lainnya. Anggur juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan mencegah proses penuaan, serta dapat membantu menurunkan berat badan. Adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur, membuat buah ini mampu menangkal radikal bebas.

Daily Health Post melansir, peneliti telah mengungkap bahwa anggur memiliki zat yang dapat melindungi DNA dan mencegah penyakit jantung. Ini juga manfaat dari zat polifenol yang terkandung dalam buah anggur.

Selain zat polifenol, anggur juga memiliki kandungan resveratol yang diketahui baik bagi kesehatan tubuh. Selama ini, peneliti berpikir bahwa manfaat resveratol itu terlalu dilebihkan agar banyak orang dapat memiliki alasan untuk dapat mengonsumsi wine yang memang berbahan dasar anggur. Namun, peneliti mengatakan bahwa resveratol memang benar dapat melindungi kromosom serta DNA pada tubuh.

Sementara itu, terlalu banyak mengonsumsi wine dapat membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, lebih baik mengonsumsi buah anggur segar saja untuk mendapatkan manfaat resveratol. Selain anggur, buah lain yang mengandung resveratol diantaranya blueberry, cranberry, serta delima.

Penulis: Khaeriya

Comment di sini