Apa itu Praperadilan?

by
March 3rd, 2015 at 10:09 am

CiriCara.com – Perseteruan antara KPK dan Budi Gunawan (BG) belum ada habisnya. Setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh pemberantas korupsi tersebut, BG menggelar proses praperadilan. Sidang yang dipimpin oleh Hakim Sarpin Rizaldi tersebut akhirnya memutuskan penetapan status tersangka oleh KPK kepada BG tidak sah.

pengadilan

Praperadilan – Ist

Keputusan tersebut menimbulkan berbagai kontroversi. Di satu sisi, keberhasilan sidang ini membawa ‘efek domino’. Banyak tersangka lainnya yang ditetapkan oleh KPK kemudian mengajukan praperadilan atas statusnya. Sebut saja Suryadharma Ali, mantan Menteri Agama yang dijerat kasus korupsi dana Haji.

Ada lagi Fuad Amin, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bangkalan yang menjadi tersangka suap migas. Gugatan lainnya berasal dari Bupati Sabu Raijua Marthen Dira Tome yang terjerat korupsi dana pendidikan.

Di sisi lain, banyak Pengamat Politik dan Hukum yang menilai keputusan sidang praperadilan BG tidak sah. Hal ini karena objek praperadilan tersebut dilakukan keluar dari perundangan yang berlaku.

Terkait topik-topik tersebut, istilah praperadilan begitu santer terdengar. Pemberitaan membentuk paham pembaca terhadap kata ini. Sebenarnya apa arti praperadilan?

Arti Kata

Sebelumnya, kita bongkar dulu unsur dari kata “praperadilan”. Istilah ini mengandung imbuhan serapan asing, yaitu “pra” yang berarti “sebelum”. Kata dasar dari “praperadilan” ialah “adil”.

Dalam Kamus Istilah Hukum, adil berarti sama berat, tidak berat sebelah, dan tidak memihak. Adil merujuk pada proses yang berpihak kepada yang benar, berpegang pada kebenaran, hal yang sepatutnya, dan tidak sewenang-wenang.

Dalam kamus tersebut, peradilan adalah proses mengadili atau suatu upaya untuk mencari keadilan atau peyelesaian sengketa hukum di hadapan badan peradilan menurut hukum yang berlaku. Namun, praperadilan rupanya tidak bisa diartikan menjadi sebuah proses yang dijalankan sebelum peradilan dilakukan.

Praperadilan sebagai Proses Hukum

Terminologi ini memiliki arti yang lebih spesifik yang mana, menurut Kamus Istilah Hukum menjelaskan bahwa praperadilan adalah salah satu kewenangan pengadilan secara horizontal atas penerapan upaya paksa oleh polisi atau jaksa.

Lebih jelasnya, menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 Tentang Hukum Acara Pidana, pada Pasal 1 Angka 10, praperadilan adalah wewenang pengadilan negeri untuk memeriksa dan memutus menurut cara yang diatur dalam undang-undang ini, tentang:

  1. Sah atau tidaknya suatu penangkapan dan atau penahanan atas permintaan tersangka atau keluarganya atau pihak lain atas kuasa tersangka;
  2. Sah atau tidaknya penghentian penyidikan atau penghentian penuntutan atas permintaan demi tegaknya hukum dan keadlian;
  3. Permintaan ganti kerugian atau rehabilitasi oleh tersangka atau keluarganya atau pihak lain atas kuasanya yang perkaranya tidak diajukan ke pengadilan.

Penulis: Ummu Solid

Artikel terkait: Memahami Apa Itu Praperadilan

Comment di sini