Apa itu Voting?

by
March 3rd, 2015 at 3:01 pm

CiriCara.com – Partai Amanat Nasional (PAN) baru saja melaksanakan kongres untuk memilih Ketua Umum. Perhelatan politik tersebut bertempat di Bali dari 28 Februari hingga 2 Maret 2015. Pemilihan ini bertujuan untuk menobatkan Zulkilfli Hasan atau Hatta Rajasa di pucuk kepemimpinan.

voting

Voting elektronik – Ist

Proses voting kemudian menjadi mekanisme untuk menentukan siapa di antara kedua calon tersebut yang berhak menjadi Ketua Umum PAN. Voting dilaksanakan oleh 582 anggota partai yang hadir. Namun, terdapat 4 suara yang abstain. Dalam pemungutan suara itu, Zulkifli Hasan memperoleh suara terbanyak, yaitu 292 suara. Berbeda tipis dengan suara untuk Hatta Rajasa, yaitu 286 suara.

Sistem voting sudah mendarah-daging bagi Bangsa Indonesia dalam memilih pemimpin-pemimpinnya. Pemungutan suara rakyat pertama kali dilakukan pada tahun 1955 untuk memilih Konstituante dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Pada tahun 1971, Indonesia kembali menggelar Pemilihan Umum (Pemilu) setelah tertunda di era Orde Lama. Sistem tersebut berlaku sepanjang masa Orde Baru hingga tahun 1997. Pemilu era Reformasi pada tahun 1999 awalnya juga memilih partai politik namun dengan kandidat yang lebih banyak.

Tahun 2004 menjadi Pemilu yang bersejarah bagi Indonesia karena rakyat pertama kali melakukan voting untuk wakilnya secara langsung dalam Pemilu Legislatif. Rakyat juga melakukan Pemilu Presiden untuk memilih pasangan pemimpin negara tersebut secara langsung. Pada tahun 2009, Pemilu Legislatif tidak hanya untuk tataran pusat (nasional) tetapi juga daerah, begitu juga dengan Pemilu tahun 2014.

Begitulah voting telah mengisi sendi-sendi kehidupan kita. Beberapa skala kecil seperti pemilihan Ketua Kelas, Ketua OSIS, dan sebagainya telah menerapkan mekanisme ini. Nah, sebenarnya apa arti voting ini? Dalam Bahasa Indonesia, istilah apa yang dekat dengan kata tersebut?

Arti

Voting berasal dari Bahasa Inggris dengan kata dasar “vote”. Kata ini ialah konteks formal untuk pilihan terhadap dua atau lebih alternatif berupa kandidat, tindakan, program, dan sebagainya. Vote sebagai kata kerja dalam Bahasa Inggris ialah memilih berbagai opsi dalam konteks formal. Kata yang hampir sama dengan ini ialah choose, yaitu ‘memilih’ yang dapat digunakan dalam berbagai kondisi baik formal maupun informal.

Untuk lebih jelasnya, vote biasa digunakan dalam memilih Ketua Kelas, Pejabat Negara, Puteri Indonesia, Duta Lingkungan, Miss Universe, ketua organisasi, dan sebagainya. Choose bisa digunakan untuk memilih buah, sayur, tempat kencan, menu masakan, dan sebagainya.

Gerund

Gerund dalam Bahasa Inggris ialah cara untuk mengubah bentuk kata kerja menjadi kata benda dengan menambahkan ‘ing’. Vote menjadi voting sehingga kita bisa berkata, “Mari kita lakukan voting untuk memilih siswa teladan.” Namun, kita tidak bisa menggunakannya seperti ini: “Saya mem-voting Rudi sebagai Ketua Kelas.”

Pemungutan Suara

Kiranya, istilah yang pas untuk ‘voting’ dalam Bahasa Indonesia ialah ‘pemungutan suara’. Menurut Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 19 Tahun 2014, pemungutan suara adalah proses pemberian suara oleh Pemilih di TPS dengan cara mencoblos pada nomor urut, nama, atau foto Pasangan Calon.

Di luar konteks Pemilu Legislaitf dan Presiden, pemungutan suara dapat berarti memilih seorang kandidat, yang mana, kandidat dengan jumlah pemilih terbanyak merupakan pemenang.

Penggunaan Lain

Pada pemilihan di luar konteks pemerintahan, istilah yang digunakan biasanya adalah voting. Misalnya, pada acara voting Puteri Indonesia Persahabatan oleh masing-masing kandidat atau voting juri pada kompetisi Dangdut Academy.

Penulis: Ummu Solid

Artikel terkait: Apa itu Vasektomi?

Comment di sini