Cara Duduk yang Aman untuk Ibu Hamil

by
March 3rd, 2015 at 3:39 pm

CiriCara.com – Kondisi tubuh saat hamil itu berbeda dengan kondisi tubuh sebelum hamil. Untuk itu Anda harus mengetahui secara pasti hal-hal apa saja yang aman untuk ibu hamil dan mana yang tidak aman. Termasuk dengan tata cara duduk yang benar.

duduk ibu hamil

Posisi duduk ibu hamil – Ist

Ibu yang baru hamil untuk pertama kalinya diharuskan lebih hati-hati. Karena kehamilan pertama ini sering berujung pada keguguran jika tidak berhati-hati. Entah itu asupan makanan, posisi tidur, maupun posisi duduk semua harus dilakukan dengan benar.

Untuk kali ini, kita akan membahas cara duduk yang aman dan benar untuk ibu hamil. Tujuannya tentu agar janin bisa tumbuh sehat dan Anda pun tidak akan mengalami sakit punggung atau nyeri perut bagian bawah.

Langsung saya yuk simak cara-caranya:

1. Duduk lurus

Ini adalah posisi duduk terbaik untuk ibu hamil. Caranya punggung harus lurus dengan posisi bahu ditarik ke belakang. Cara ini akan sedikit susah karena peningkatan berat badan. Tapi, cobalah untuk tetap duduk lurus. Kebiasaan duduk dengan posisi bungkuk hanya akan membuat tubuh nyeri.

2. Duduk sandaran

Anda bisa menyandarkan tubuh sepenuhnya di kursi atau sofa. Dengan cara ini Anda akan merasa nyaman dan tubuh pun akan terhindar dari berbagai masalah nyeri atau pun sakit punggung. Bisa tambahkan bantal atau busa agar posisi punggung bisa tetap lurus.

3. Ubah posisi

Ibu hamil tidak boleh duduk dalam posisi yang sama selama lebih dari 30 menit. Duduk dalam posisi yang sama terlalu lama hanya akan membuat peredaran darah tidak lancar. Untuk itu, ubah lah posisi duduk Anda sesekali agar aliran darah bisa lancar dan tubuh tidak nyeri.

4. Lakukan peregangan

Buat ibu hamil yang bekerja di kantor dan mengharuskan duduk selama berjam-jam, sebaiknya lakukan peregangan kaki sesekali. Minimal 1 jam sekali melakukan jalan-jalan kecil di dekat meja kantor. Tujuannya tentu agar tubuh tidak kaku dan aliran darah bisa lancar.

5. Seimbangkan bobot

Berat badan yang bertambah karena hamil tentu akan berpengaruh pada kekuatan kaki. Akibatnya kaki akan terasa mudah nyeri. Untuk mencegahnya, cobalah untuk seimbangkan bobot tubuh saat akan duduk dan berdiri. Jadi tidak boleh asal duduk saja, harus perlahan agar semua beban tidak bertumpu pada kaki.

Demikian lah beberapa cara duduk yang baik dan benar untuk ibu hamil. Semoga kehamilan Anda kali ini berjalan lancar dan janin pun bisa tumbuh sehat. Amin. Semoga bermanfaat!!

(YG)

Comment di sini