Cara Mengatasi Rambut yang Bau

by
March 3rd, 2015 at 10:01 am

CiriCara.com – Rambut merupakan mahkota bagi setiap wanita. Keindahannya selalu menjadi pusat perhatian, terutama bagi kaum pria. Namun rambut juga sering mengalami berbagai masalah, di antaranya rontok, berketombe, sampai masalah rambut yang bau.

rambut bau

Rambut bau – Ist

Memiliki rambut yang indah, hitam dan lebat akan terasa percuma jika ternyata rambut yang Anda miliki itu bau. Menurut Marketing Manager Makarizo Consumer Division, Yohan Christian, rambut bau itu bisa disebabkan oleh dua faktor, dari dalam dan dari luar.

Faktor dari luar, rambut bau bisa disebabkan oleh asap kendaraan bermotor, polusi udara, keringat, pemakaian helm yang terlalu lama dan tidak bersih, maupun bau makanan. Tentunya Anda sering mengalaminya di saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

Faktor dari dalam, rambut bau bisa disebabkan oleh kelenjar minyak berlebih di kulit kepala. Saat kelenjar minyak bertemu dengan kuman-kuman yang ada di kulit kepala, maka bau tidak sedap pun akan tercium. Selain itu, stres juga bisa menyebabkan rambut bau.

Setelah Anda mengetahui penyebabnya, yuk simak cara untuk mengatasinya:

1. Jaga kebersihan rambut

Bau tidak sedap pada rambut itu menandakan bahwa rambut Anda sudah kotor. Untuk itu Anda perlu membersihkan rambut kepala secara menyeluruh, tentunya dengan berkeramas. Pilih sampo yang cocok dengan rambut dan kulit kepala Anda.

2. Pakai parfum

Sudah keramas dan rambut sudah bersih, tapi baunya tetap tidak hilang? Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan parfum rambut. Tapi, Anda juga harus memilih wangi parfum yang sesuai dengan Anda dan bisa mengurangi bau rambut.

3. Atasi rambut berminyak

Seperti diketahui bau pada rambut itu bisa disebabkan oleh minyak berlebih di kulit kepala. Untuk mengatasinya, tentu Anda harus mengatasi dulu masalah rambut berminyak. Ada yang menggunakan ramuan alami dan ada juga yang menggunakan sampo khusus rambut berminyak. Anda bisa pilih sesuai kebutuhan.

4. Kebersihan lingkungan

Yang dimaksud di sini adalah lingkungan atau benda yang langsung bersentuhan dengan rambut kepala. Misalnya, bantal, kain kerudung, jilbab atau hijab, dan helm. Benda-benda tersebut harus dijaga kebersihannya agar kuman yang ada tidak berpindah ke rambut. Caranya cuci sarung/kantong bantal, hijab, kerudung, dan jemur atau cuci busa helm paling tidak 1 minggu sekali.

5. Hindari stres

Stres bisa memicu munculnya bau tidak sedap pada rambut. Untuk itu Anda harus menghindari stres agar masalah bau rambut tidak jadi semakin parah. Cobalah untuk menyikapi segala sesuatunya dengan pikiran yang positif.

Demikianlah cara mudah untuk mengatasi rambut bau. Selamat mencoba dan semoga berhasil! (YG)

Comment di sini