Cara Menjadi Pengusaha ala Billy Boen

by
March 3rd, 2015 at 9:09 am

CiriCara.com – Bagi kamu yang masih muda, rugi kalau belum kenal pemuda yang satu ini. Siapa dia? Billy Boen, biasa dipanggil Billy. Lelaki inilah yang sukses meraih pendidikan, karir, dan dedikasi sebelum usia 30 tahun. Bagaimana kisah suksesnya?

billy boen

Billy Boen – Ist

- Akselerasi Pendidikan

Pria kelahiran 13 Agustus 1978 ini berhasil menyelesaikan program sarjana dalam waktu sesingkat-singkatnya. Ia hanya perlu waktu dua tahun 8 bulan untuk lulus dari S1 jurusan manajemen. Periode 1990 sampai 1999 ia habiskan di Utah State University (USU), Amerika Serikat.

Begitu juga dengan predikat megister bisnis di State University of West Georgia. Billy hanya menempuh waktu setahun untuk menyelesaikan pendidikan S2 tersebut. Pria asal Jakarta ini juga merih gelar cum laude atau terpuji atas prestasi akademiknya. Dengan demikian semua itu bisa diperolehnya pada usia 22 tahun.

Tidak hanya aktivitas akademik, Billy juga mengasah kemampuan berorganisasinya di Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat. Selain itu, lelaki yang juga penulis itu merupakan bagian dari Sigma Chi, yaitu himpunan mahasiswa USU.

- Karier

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Billy kembali ke Tanah Air. Awalnya, ia bekerja di PT. Berca Sportindo. Di perusahaan itu, pria yang senang berbagi pengalaman ini beberapa kali memperoleh promosi. Tahun 2005, Billy Boen menjadi bagian dari PT. Oakley Indonesia. Perusahaan inilah yang menobatkan ia sebagai General Manajer paling muda di dunia. Tepatnya, pada usia 26 tahun, ia telah berhasil menduduki posisi bergengsi itu.

Dialah yang pernah mengelola Hard Rock Cafe di Bali dan Jakarta pada usia 29 tahun. Tahun 2009, Billy bergabung dengan Majalah Rolling Stone sebagai Direktur cabang di Indonesia. Pendiri Jakarta International Management tersebut kemudian mendirikan Rolling Stone Cafe di Jakarta Selatan.

- Dedikasi

Rupayanya pria sukses ini tidak tahan untuk tidak berbagi. Ia juga ingin anak-anak muda Indonesia bisa mengembangkan diri. Karena itu, pada tahun 2012, Billy Boen mendirikan PT. Young On Top (YOT) Nusantara. Sebagai bagian dari dedikasinya, lelaki tersebut menulis buku berjudul “Young On Top”. Buku ini begitu disambut pembaca. Tidak tanggung-tanggung, terbitan Gagas Media tersebut harus dicetak ulang lima kali dalam waktu setahun.

Program YOT sendiri sudah tersebar di berbagai media massa. Lembaga itu melayani konsultasi perusahaan dan pendidikan informal. Kegiatan offline mereka juga sudah banyak melalui berbagai seminar. Selain itu, YOT juga mengadakan kegiatan-kegiatan sosial.

- Kunci Sukses

Billy Boen mengakui bahwa ada faktor keberuntungan dalam kesuksesannya. Namun, hal itu tidak datang kepada semua orang karena bukanlah kuasa manusia. Meski keberuntungan sudah datang, seseorang tetap harus melakukan sesuatu, yaitu kerja keras. Pesan Billy, daripada terus menunggu atau mengharapkan “faktor x”, mending waktu digunakan untuk beraksi.

Seseorang harus menetapkan apa arti sukses baginya, baik sukses jangka panjang maupun jangka pendek. Tetapkanlah apa yang menjadi impian dalam waktu bertahun-tahun yang akan datang. Lalu, tetapkan target-target yang merupakan langkah untuk mencapai impian tersebut.

Untuk meraih semua itu, seseorang harus memiliki keyakinan yang kuat. Kemudian, terus mengasah diri agar menguasai bidang tertentu secara penuh. Dalam berusaha, seseorang tidak seharusnya puas terhadap apa yang berhasil ia capai. Ini agar individu selalu ingin meningkatkan kemampuan diri. Galilah terus ilmu pengetahuan dan informasi. Namun, ketika sukses, tetaplah rendah hati lagi bijak.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini