Kisah Mistis dan Fenomena Batu Akik

by
March 3rd, 2015 at 8:56 am

CiriCara.com – Hampir tiga tahun belakangan ini, negara yang mempunyai kekayaan alam yang cukup melimpah sedang digandrungi dengan adanya demam batu akik, batu yang biasanya digemari oleh orang tua tersebut, sekarang sepertinya dilirik oleh kaum muda, batu-batu akik tersebut tak henti-heninya dibicarakan orang, diburu kemudian dipamerkan. Cincin batu akik mempunyai banyak jenisnya, harganya pun beraneka ragam. Keragaman itulah mempunyai harga yang berbeda-beda mulai dari harga yang terjangkau sampai harga yang paling mahal, mahalnya batu akik tersebut disesuaikan kombinasi warna yang unik, menarik serta antic juga bentuknya yang menawan hati.

batu akik

Penjual batu akik – Ist/Merdeka.com

Kegandrungan terhadap batu akik tersebut membuat seorang pemburu sekaligus penjual di Pasar Tebet dengan harga Rp.700.000,- hanya untuk batu akik jenis Bacan yang hingga saat ini masih terkenal dan paling banyak diincar oleh pemburu batu akik, karena keunikan batu tersebut adalah keindahan di dalam batu tersebut sekaligus latar belakang kemistisanya.

Berikut beberapa kejadian adanya batu akik, dari kisah mistis hingga dibuatkan peraturan daerah (Perda)

  • Anak muda mulai menggemarinya. Belakangan ini kembali muncul tren baru yang digemari anak muda, yaitu mulai menyukai dan membeli batu akik, mereka tak henti-hentinya membicarakan tentang batu akik, mereka memburu bahkan memamerkan batu-batu akik dalam ajang kontes batu akik, entah itu diselenggarakan secara lokal atau antar negara. Hobi kaum muda sudah terkikis dengan hadirnya batu akik tersebut, biasanya kaum muda menyukai benda-benda yang futuristik dengan teknologi canggih, bahkan dulunya kaum muda malu bila memakai aksesoris seperti cincin batu atau batu akik tersebut. Sepertinya kaum muda tersihir dengan kemolekan dan keindahan batu akik ini.
  • Kemistikan di batu akik. Bagi penghobi dan penggemar batuan alam, seperti batu akik ini, mempunyai tempat tersendiri dan kadang diperlakukan sangat istimewa. Hal tersebut berkaitan dengan kekuatan secara alami dan dipercayai mempunyai kekuatan di batu tersebut. Apabila dimanfaatkan dengan benar oleh pamakainya serta disesuaikan dengan sifat dan tingkah laku penggunanya, maka batu akik dipercaya akan memberikan kelebihan baik berupa kharisma maupun power tertentu bagi pemiliknya, bahkan dianggap sebagai penolak bala. Dengan keyakinan inilah, maka hampir lapisan masyarakatpun meyakini tetang aspek kemistikan yang ada pada batu akik tersebut.  Adapun batu yang katanya bertuah adalah salah satunya disebut sebagai Batu Mustika Macan Putih (BMMP). Bentuk batu tersebut oval, dan warna dominannya putih susu. Katanya batu BMMP dipercaya sebagai batu yang dapat memberikan manfaat bagi pemiliknya seperti melancarkan karir, kepribadian seseorang menjadi baik dan lain sebagainya. Lain halnya dengan batu mirah delima yang mempunyai segudang khasiat bagi.
  • Pemburuan batu akik oleh anggota Dewan. Ketenaran batu akik saat ini, membuat beberapa pejabat juga mulia melirik dengan batu akik ini, dan para anggota Dewanpun hampir rata-rata memiliki cincin batu akik, mereka mengatakan bahwa memakai batu akik bukan tujuan tertentu, tetapi hanya aksesoris semata.
  • Usulan agar adanya Perda Batu Akik. Melihat bahwa cincin batu akik atau batu akik semakin hari semakin mahal harganya di tiap-tiap daerah di Indonesia, maka diusulkan bahwa batu akik tersebut segera dipatenkan sebagai kerajinan batu serta diusulkan agar segera dibentuk tentang Perda tentang batu akik dengan tujuan agar batu akik tersebut tidak punah dan terlindungi.

Penulis: MasArif

Artikel terkait: Batu Akik Lafaz Allah Milik Ibu Ani Asli atau Palsu?

Comment di sini