Sejarah Menarik Wortel

by
March 3rd, 2015 at 9:24 am

CiriCara.com – Wortel adalah jenis sayuran yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh terutama bagi kesehatan mata. Namun ternyata, banyak hal menarik dari keberadaan wortel dalam sejarah peradaban manusia. Majalah Tempo, edisi 3 Februari 2008, pernah menurunkan satu ulasan tentang wortel. Ulasan tentang wortel itu dimuat di halaman 16 Majalah Tempo edisi Februari 2008 itu.

wortel

Wortel – Ist

Majalah Tempo menuliskan bahwa 5000 tahun yang lalu, penduduk Afganistan menjadikan wortel bukan sebagai sayuran, melainkan sebagai obat. Dari Afganistan, wortel mulai dikenal, hingga kemudian menyebar ke Romawi. Tahun 37-51, tulis Majalah Tempo, Kaisar Caligula kerap menjamu seluruh anggota Senat Romawi dengan hidangan, hanya wortel saja.

Informasi menarik lainnya tentang wortel yang ditulis Majalah Tempo edisi Februari 2008, pada abad ke-2,Galen seorang dokter di Yunani menamai wortel dengan nama daucus carota. Orang Yunani sendiri saat itu menyebut wortel dengan nama Philon atau Philtron, berasal dari kata Philon yang artinya ungkapan cinta.

Kemudian pada abad ke-10, tulis Majalah Tempo, wortel menyebar ke Arab, Afrika dan Asia. Dan sejak itu wortel mulai dikenal sebagai makanan. Lalu pada abad ke-12, para pedagang Arab membawa wortel ungu dan kuning, ke Afrika Utara, setelah itu menyebar ke Eropa. Wortel pun mulai dikenal di Spanyol, Belanda, Perancis, dan Inggris. Di Inggris, ada yang unik tentang wortel. Daun wortel oleh para wanita bangsawan Inggris, sering dipakai sebagai penghias topi, rambut, syal dan jaket. Dari situlah, wortel berekspansi ke seluruh dunia. Majalah Tempo juga menuliskan, baru pada abad ke -17, wortel masuk daratan Amerika. Masuknya wortel ke nusantara sendiri, dalam berita Majalah Tempo, tak diulas. Kemungkinan, wortel masuk ke Indonesia dibawa oleh para suadagar Arab pada abad ke-12, ketika mereka gencar berdagang ke pelosok-pelosok dunia.

Namun yang pasti, sekarang wortel adalah sayuran yan punya banyak manfaat. Wortel dipercaya punya khasiat untuk kesehatan mata. Banyak yang percaya, bila rutin mengkonsumsi wortel, baik itu dijadikan tambahan menu sop atau di jus, akan membuat penglihatan ‘kinclong’ dan mencegah kita mengenakan kacamata minus.

Penulis: Agus Supriyatna

Artikel terkait: Srikaya, Buah yang Kaya Nama dan Manfaat.

Comment di sini