Srikaya, Buah yang Kaya Nama dan Manfaat

by
March 3rd, 2015 at 8:39 am

CiriCara.com – Sepintas, jika kita melihat buah srikaya, terlihat mirip dengan buah sirsak. Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak. Daging buahnya pun mirip sirsak, berwarna putih dengan biji kecil hitam.

buah Srikaya

Srikaya – Ist

Buah bernama Latin Annona squamosa ini merupakan tanaman buah yang memiliki banyak sebutan di berbagai daerah di Indonesia. Ada yang menyebut menungo, delima bintang, serba bintang, sarikaya, seraikaya, serkaya, surikaya, srikawis, sarkaja, serakaja, sirikaja, garoso, ata, atis soe walanda, sirikaya, sirikaja, juga hirikaya. Kalau di tempat Anda, buah daerah tropis ini disebut apa?

Buah manis ini sangat menyehatkan. Tak hanya dimakan, buah srikaya yang sudah masak dan digiling halus dapat dimanfaatkan untuk mematangkan bisul dan menyembuhkan borok.

Selain itu, biji buah srikaya dapat digunakan sebagai pestisida nabati. Ekstrak biji srikaya bisa digunakan untuk mengendalikan serangan hama ulat Spodoptera litura, Plutella xylostella, dan rayap tanah. Ekstrak biji srikaya berfungsi sebagai racun perut pada serangga hama tersebut.

Tak hanya buah dan bijinya, ternyata daun tanaman srikaya juga dapat digunakan untuk pengobatan.  Daun srikaya dapat mengatasi histeris atau orang yang pingsan tiba-tiba. Caranya, daun srikaya segar ditumbuk hingga halus, kemudian gilingan daun tadi didekatkan pada hidung si pingsan!

Daun srikaya juga dapat menghilangkan cacingan pada anak. Lima belas helai daun direbus dengan lima gelas air. Kemudian, dididihkan hingga hanya tersisa tiga gelas. Mirip dengan jamu tradisional, air rebusan daun srikaya ini harus disaring dan diminum tiga kali sehari, masing-masing satu gelas. Jadi, Anda tak harus pergi ke apotek membeli obat cacing, kan?

Tahukah kamu, biji buah srikaya dapat mematikan kutu kepala dan serangga. Bagaimana caranya? Cukup sepuluh butir biji srikaya dan sepuluh helai daun, kemudian digiling halus. Namun, ada tambahan minyak kelapa. Ramuan ini diturapkan saja pada kulit kepala, lalu dibungkus kain handuk selama tiga jam, baru kemudian dibilas. Tetapi, Anda harus hati-hati karena ramuan srikaya ini menyebabkan iritasi jika terkena mata.

Banyak sekali bukan, manfaat tanaman srikaya? Dari buahnya, daun, hingga biji, dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Penulis: Khaeriya

Comment di sini