Apa Itu Vegan?

by
March 4th, 2015 at 9:24 am

CiriCara.com – Memiliki pola hidup sehat sebenarnya bukanlah sekedar “gaya” tetapi suatu kewajiban sebagai bentuk rasa syukur karena kita telah dikaruniakan jasmani yang sehat. Usaha menjaga agar badan tetap bugar tentu tidak cukup hanya menjadi member di salah satu kelas olahraga (entah itu gym, yoga, dll), tetapi kita juga harus konsisten mengonsumsi makanan yang penuh gizi dan nutrisi.

vegetarian

Vegetarian – Ist

Buah dan sayur mengandung serat dan dipercaya lebih banyak memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh dibandingkan mengonsumsi daging. Pada sayur dan buah juga terdapat antioksidan yang dapat mencegah sel penyakit kanker, cardiovascular, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Selain itu manfaat yang langsung terasa ketika kita mengonsumsi sayur dan buah dalam jumlah yang cukup setiap hari, maka pencernaan pun akan lancar. Kalau kamu tertarik menjadi vegetarian, namun masih ragu kepikiran nantinya enggak bisa konsisten. Coba deh kenali jenis-jenis vegetarian di bawah ini. Karena setiap jenis memiliki aturannya masing-masing.

Kita awali dengan melihat pengertian vegan. Vegan berasal dari Bahasa Latin vegetus yang memiliki makna keseluruhan, sehat, segar ataupun hidup (tergantung penggunaannya dalam kalimat). Vegetus juga bisa diartikan lincah, segar dan penuh semangat hidup.

Vegan

Vegetarian jenis ini memiliki aturan yang paling ketat. Para vegan yang tidak mengonsumsi semua daging, entah itu daging merah, unggas, ataupun ikan. Vegan juga tidak mengkonsumsi produk hasil dari olahan hewan, seperti telur, susu dan keju.

Lacto Vegetarian

Aturan pada vegetarian jenis ini masih sama dengan vegan, yaitu tidak mengonsumsi semua jenis daging hewan. Akan tetapi masih mengonsumsi susu.

Lacto Ovo Vegetarian

Vegetarian yang ini juga tidak mengonsumsi semua jenis daging hewan. Namun masih mengonsumsi telur dan susu.

Pesca Vegetarian

Jenis vegetarian yang satu ini aturannya agak lebih longgar dibanding tiga jenis vegetarian di atas. Pesca vegetarian tidak mengonsumsi daging merah atau daging unggas. Tetapi tetap mengonsumsi ikan, susu, telur, dan keju.

Flexitarian

Kelas vegetarian yang aturannya lebih longgar lagi. Vegetarian jenis ini hanya memakan sayur dan buah. Namun terkadang masih mengonsumsi daging hewan dan segala jenis produk olahannya.

Frutarian

Vegetarian yang ini aturannya hanya memakan buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang mengandung banyak vitamin E. Vitamin E dipercaya dapat memberikan manfaat positif bagi kulit sehingga bisa berguna untuk menjaga kesehatan dan membuat awet muda.

Raw Foodist

Vegetarian jenis ini mengonsumsi makanan mentah. Biasanya mereka membuat jus dari buah dan sayuran mentah. Mereka yakin bahwa proses memasak dapat mengurangi atau bahkan merusak zat alami dan gizi yang terdapat pada sayuran.

Penulis: Rona Siahaan

Artikel terkait: Apa itu Aklamasi?

Comment di sini