Cara Jitu Kelola Stres Kamu

by
March 4th, 2015 at 10:54 am

CiriCara.com – Dalam hidup pasti sering kita menemukan banyak pilihan. Tapi terlalu banyak pilihan akhirnya membuat kita bingung. Apalagi kalau kita ternyata salah memilih. Hidup bisa terasa semakin tertekan. Selain itu berbagai tuntutan target entah itu dalam hubungan sosial, pekerjaan, atau pendidikan juga enggak kalah berlomba-lomba masuk ke dalam pikiran. Semuanya itu membuat kita menjadi frustasi. Batin kerap dirundung cemas. Dalam kondisi seperti ini biasanya kita pasti sering bilang gini, “duh stres nih gue.”

stres

Cara atasi stres – Ist

Masalah dalam kehidupan tentu enggak mungkin terelakan. Mereka kerap hadir di sepanjang perjalanan episode kehidupan kita. Meski akhirnya membuat kita jadi stres, satu hal yang pasti adalah kita harus menghadapinya. Stres enggak selalu buruk loh ternyata. Eustres adalah stres yang masih dalam tingkatan rendah. Nah, stress dalam tingkatan ini justru memberi manfaat ketika mengalaminya. Stres ini bisa memicu motivasi untuk membuat kita merasa optimis menghadapi sumber stres. Lain halnya bila kita merespon eustres dengan salah, maka yang muncul adalah distres. Distres adalah keadaan ketika kita merasa tidak mampu untuk menghadapi eustres sehingga tubuh dan pikiran kita pun meresponnya.

Ini nih cara mudah yang jitu bin ampuh supaya kamu bisa mengelola stress kamu.

Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik dipercaya dapat memberikan efek relaks pada pikiran. Coba deh buat playlist yang isinya lagu-lagu yang kamu suka. Eits tapi sebaiknya enggak yang terlalu mellow. Bukannya bikin kamu relaks, malah bikin kamu keinget mantan kan jadi repot urusannya. Mendengarkan musik instrument bisa jadi pilihan yang oke untuk kamu coba.

Bersepeda

Sebelum kamu ke kantor, kampus atau sekolah coba luangkan waktu kamu di pagi hari untuk bersepeda. Sekedar keliling lingkungan tempat tinggal kamu. Bersepeda santai sambil menghirup udara sejuk dan yang pasti masih bersih tentu bisa membuat pikiran kamu lebih tenang.

Jalan Kaki

Kalau kamu enggak ada sepeda, kamu bisa ganti kegiatan olahraga kecil kamu itu dengan berjalan kaki. Ketika berjalan kaki kamu bisa lebih memperhatikan hal-hal yang mungkin selama ini luput dari pandangan kamu. Bersama semilir angin sejuk ketika subuh pasti perasaan kamu juga ikutan teduh.

Menonton Film Komedi

Kalau kamu emang lagi dalam keadaan yang benar-benar tertekan lebih baik kamu menghindari stimulus negatif yang bisa membuat kamu semakin merasa tersiksa. Orang yang lagi stres itu butuh tertawa supaya otot-otot wajahnya enggak tegang melulu. Jadi, coba deh nonton fillm yang genre-nya komedi. Setidaknya ini bisa jadi alasan untuk kamu tertawa. Kamu juga enggak mau dikira “gila” kan kalau tiba-tiba ketawa tanpa sebab.

Berdoa

Jangan sia-siakan waktu kamu untuk melampiaskan stres pada kegiatan yang enggak memberi efek positif. Ketika pikiran dan perasaan kamu benar-benar lagi kacau, kamu harus jujur pada diri sendiri terutama kepada Tuhan. Apalagi kalau kamu tipe orang introvert, pastinya cara yang paling mantap meluapkan keluh kesah kamu adalah dengan curhat ke Tuhan melalui doa. Tidak ada yang bisa memungkiri hanya Tuhan satu-satunya Pribadi yang menjadi sumber kelegaan yang sesungguhnya.

Udah enggak binggung lagi dong sekarang? Tekanan hidup dan masalah pasti silih berganti datang. Nah, tinggal kitanya aja yang harus bisa mengelola stres yang melanda diri kita. Tetap semangat ya!

Penulis: Sihaan Rona

Artikel terkait: Hubungan Antara Stres dan Penurunan Berat Badan.

Comment di sini