Cara Nagih Utang ke Temen yang Nggak Mau Bayar

by
March 4th, 2015 at 10:12 am

CiriCara.com – Kamu pernah minjemin duit ke temen karena merasa kasihan. Dia janjinya mau balikin dua bulan kemudian. Tapi pas hari itu tiba, si do’i belum juga nongol batang tegorokannya. Apa yang kamu lakukan? Lapor pak RT? Atau lapor bu RT?

teman pinjam uang

Pinjam uang – Ist

Nggak perlu lah kamu bawa-bawa aparat cuma buat nagih utang sama temen. Kan kamu bisa dateng baik-baik dan omongin baik-baik, kapan si do’i mau ngembaliin duitnya. Siapa tahu do’i lupa dan hanya perlu diingetin aja. Biasa, kalau mau ditagih itu orang memang suka lupa ingatan.

“Bro, gimana nih? Katanya mau bayar utang hari ini,” kata kamu.
“Lu siapa ya? Emangnya gue pernah minjem duit sama lu?” kata do’i.

Kalau sudah begitu kejadiannya, mending nagihnya pake cara berikut aja bro:

1. Pura-pura minjem

Si do’i pura-pura lupa ingatan kalau dia punya utang sama kamu? Mending jangan ditagih dulu. Tunggu momen saat dia terlihat lagi banyak duit, trus kamu bilang mau pinjem duit sama dia sebesar duit yang kamu pinjemin ke dia.

Kamu: banyak duit nih? Gue pinjem dong (sebutin nominal duit yang kamu pinjemin ke dia)
Do’i: nih… tapi entar dibalikin ya,
Kamu: terima kasih karena lu udah bayar utang lu ke gue. Wuz… Kabur…!

2. Curhat ke pacar do’i

Do’i bisa saja mengelak dari tagihan kamu. Tapi kalau dari pacar? Tentu do’i nggak bakal bisa ngapa-ngapain. Kamu curhat aja sama pacar si do’i kalau do’i nggak mau bayar utang ke kamu. Siapa tahu nanti kamu dapet gantinya dari pacar do’i. Siapa sih yang nggak malu punya pacar tukang utang?

3. Muka melas

Nagih utang sama temen yang batu itu memang harus jago akting. Coba deh kamu pasang muka melas sambil curhat hal-hal yang menyedihkan. “Bro, kapan lu mau bayar utang? Gue udah nggak makan 2 hari nih (karena lagi puasa).” Mungkin dengan cara ini hati dia bakalan tergugah.

4. Utang ke orang lain

Kamu udah nagih tapi tetap tidak berhasil? Padahal lagi butuh banget duit. Coba deh kamu pinjem ke bank atau orang lain, tapi atas nama si do’i. Dengan begitu, kamu nggak ada urusan lagi sama do’i. Sekarang do’i urusannya sama pihak bank atau orang yang lain yang kamu pinjam uangnya.

5. Minta sama bokapnya

Walau bagaimana pun, anak adalah tanggung jawab orang tua. Nah kalau si do’i belum bayar utang meski udah ditagih dengan baik-baik, terpaksa kamu libatkan saja bokapnya. Kamu minta aja sama bokap do’i supaya bayar utang sesuai utang do’i sama kamu.

Lain kali kalau mau minjemin uang sama temen itu harus hati-hati bro. Karena sekarang ini banyak sekali temen yang batu dan nggak tau malu.

(YG)

Comment di sini