Kisah Jatuh Bangun Karir Mister Tukul Seri Pertama

by
March 4th, 2015 at 9:07 am

CiriCara.com – Siapa yang tak Tukul Arwana. Tukul adalah komedian papan atas di negeri ini. Namun, kini Tukul, bukan terkenal karena lawakannya. Tukul tenar setelah ia banting stir jadi pembawa acara talk show di Trans7. Talk show bertajuk, “Empat Mata” sempat jadi acara bincang-bincang dengan rating tinggi. Tapi, kemudian ‘musibah’ menerpa saat Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menyemprit acara yang dipandu Tukul tersebut. Acara pun dihentikan tayang. Sampai kemudian, acara itu dihidupkan lagi dengan judul Bukan Empat Mata. Secara format, talk show Bukan Empat Mata tak jauh beda dengan acara Empat Mata, talk show yang disemprit KPI.

tukul

Tukul Arwana – Ist

Namun memang talk show Empat Mata, menjadi jalan bagi Tukul menggapai puncak kesuksesan. Karena setelah itu sederet acara dipandunya, seperti program acara Misteri Mr Tukul dan acara kuis Family 100. Tukul pun jadi salah satu artis papan atas yang kabarnya dengan bayaran tinggi. Buah kesuksesan pun kini telah dinikmatinya, mulai dari rumah, hingga kendaraan. Bahkan sederet rumah kontrakan.

Pada Kamis siang 5 Februari 2015, saya menerima broadcast messenger dari motivator dan pakar komunikasi Mas Aqua Dwipayana. Dalam broadcast messengernya, Mas Aqua bercerita tentang kisah pertemuannya dengan Tukul Arwana. Saat kata Mas Aqua, ia sedang menemani seorang teman makan siang di Kafe Betawi Mall Senayan City Jakarta. Tiba-tiba mendekat ke arahnya salah seorang entertainer nomor satu di Indonesia, Tukul Arwana, bersama puluhan kerabatnya dan kru televisi dari Indosiar. Begitu Tukul duduk di sebelahnya, Mas Aqua pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk langsung kenalan dan diskusi. Gayung bersambut, Tukul ramah untuk diajak ngobrol. Bahkan, kata Mas Aqua, tak terasa ia ngobrol dengan Tukul hampir empat jam lamanya dari pukul 13.00 sampai 16.45 WIB.

“Ternyata banyak teman jenderal pembawa acara Bukan Empat Mata di Trans 7 tersebut yang juga teman saya. Sehingga komunikasinya nyambung sekali,” tulis Mas Aqua dalam broadcast messengernya.

Namun yang pasti kata Mas Aqua, ia merasa kaget campur kagum saat mulai berkomunikasi dengan Tukul. Tukul yang merupakan pembawa acara televisi terkenal di Indonesia yang hampir setiap hari muncul di beberapa stasiun televisi swasta, ternyata penampilan sehari-hari tak seperti di televisi. Jika di televisi Tukul suka guyon dengan pembawaan seperti orang desa yang terkenal dengan istilah sebutan katroknya, kesehariannya berbeda 180 derajat. Saat komunikasi terlihat sekali kecerdasannya yang sengat menonjo. Pemahaman Tukul juga cukup dalam tentang ilmu agama.

Tidak hanya itu, kata Mas Aqua, laki-laki asal Semarang, Jawa Tengah yang pernah lama hidup susah di Jakarta ini, sejak lama mengamalkan ilmu agama tersebut. ” Sehingga Allah SWT, memberikan banyak rejeki kepadanya,” kata Mas Aqua.

“Mas Aqua, saya ya seperti ini. Penampilannya apa adanya. Diajak diskusi apa saja saya siap. Terpenting untuk kebaikan banyak umat manusia,” tulis Mas Aqua, mengutip perkataan Tukul saat berbincang dengannya Kamis 5 Februari 2015.

Mas Aqua pun kemudian mengutip tuturan jalan hidup Tukul yang disampaikan kala mengobrol di sebuah cafe Kamis 5 Februari yang lalu. Menurut Tukul, kebanyakan orang melihat dia setelah sukses seperti sekarang ini. Padahal dulu awal tinggal di Jakarta dari Semarang, hidup Tukul bersama istribya, Susi, susah sekali.

Tukul bercerita, waktu itu, tepatnya 1995, ia bekerja di salah stasiun radio swasta di Jakarta. Sedangkan istrinya di rumah saja. Ketika itu ia dapat gaji Rp 70.000 per bulan. Sementara sewa kontrakannya Rp 150.000 per bulan. Maka untuk menutupi kekurangannya itu, Tukul harus banting tulang. Di luar pekerjaan sebagai penyiar radio, jika ada tawaran kerja yang lain, pasti disambarnya. Terpenting pekerjaan itu halal dan tak mengganggu aktivitas rutinnya di stasiun radio.

Comment di sini