Apa itu BPJS?

by
March 5th, 2015 at 10:49 am

CiriCara.com – BPJS  adalah suatu lembaga yang diselenggarakan untuk menyelengarakan program jaminan sosial Indonesia, pembentukan BPJS ini ditentukan menurut  Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 serta Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 dab juga dengan sesuai Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, Dan sesuai dengan undang-undang tersebut akan menggantikan jaminan kesehatan pada PT Askes Indonesia menjadi BPJS Kesehatan dan lembaga ketenagakerjaan PT. Jamsostek juga akan menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Pertanggungjawaban BPJS dilakuakn oleh Presiden, sedangkan di daerah setingkat provinsi, kabupaten juga terdapat cabang-cabang BPJS.

bpjs

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) – Ist

Peruntukan BPJS ini adalah untuk publik, baik perseorangan atau perseroan dan setiap perusahaan diwajibkan mendaftarkan bagi karyawannya sebagai anggota BPJS, begitupula bagi perseorangan juga wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarganya guna mendaftar sebagai anggota BPJS. Setiap peserta BJPS akan ditarik iuran yang besarnya ditentukan kemudian, Sedangkan bagi karyawan pada suatu perusahaan tertentu maka iurannya ditanggung oleh perusahaan. Jaminan sosial ini sudah berlangsung dilakukan yang pada awalnya secara bertahap sejak tahun 2014 dan diharapkan tahun 2019 diharapkan seluruh warga negara Indonesia sudah memiliki jaminan sosial kesehatan tersebut. Seorang menteri kesehatan menyatakan bahwa BPJS kesehatan diupayakan untuk menanggung segala jenis penyakit dengan melakukan upaya efisiensi.

Sekitar Rp.15.9 triliun dari APBN akan digelontorkan oleh pemerintah untuk mensubsidi asuransi kesehatan untuk 86 juta warga miskin oleh program awal BJPS, akan tetapi kenyataan yang ada banyak keluarga non-miskin mendaftarkan diri untuk program tersebut. Karena sekitar bulan September tahun 2012 pemerintah menyebutkan bahwa besaran iuran BPJS Kesehatan menetapkan Rp.22.000 per-orang perbulan. Dan setiap peserta BPJS nantinya harus membayar iuran tersebut, kecuali warga miskin yang ditanggung oleh pemerintah.

Adapun keuntungan menjadi anggota BPJS adalah jaminan jika seseorang sakit, juga mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan, mendapatkan pelayanan ambulance dari tempat pelayana atau sebaliknya ditanggung oleh BPJS, sesuai hak dan ketentuan yang berlaku. Pada BPJS biaya pengobatan yang ditanggung adalah:

  • Suami/istri yang sah dari anggota yang mendapatkan tunjangan suami/istri yang tercantum dalam daftar gaji/slip gaji, dan termasuk dalam daftar penerima pension/carik Dapem.
  • Anak kandung/anak tiri/anak angkat yang sah dari peserta yang mendapatkan tunjangan anak yang tercantum dalam daftar gaji/slip gaji. Termasuk dalam daftar penerima/carik Dapem, dan belum berumur 21 tahun atau telah berumur 21 tahun sampai 25 tahun tetapi masih sekolah atau kuliah, belum menikah dan belum berpenghasilan dan masih menjadi tanggungan peserta.
  • Jumlah yang ditanggung maksimal hanya 2 anak sesuai aturan dengan urutan tanggal lahir, termasuk di dalamnya anak angkat minimal satu orang.

Demikian tentang BPJS dan manfaatnya menjadi peserta BPJS.

Penulis: MasArif

Artikel terkait: Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Perorangan

Comment di sini