Apa itu Suku Aceh?

by
March 5th, 2015 at 9:09 am

CiriCara.com – Suku aceh atau Ureueng Aceh merupakan suku penduduk asli atau pribumi yang mendiami di pesisir dan sebagian pedalaman Aceh, Sumatra Indonesia. Kebanyakan penduduk Aceh beragama Islam dan bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Aceh. Rumpun Aceh merupakan rumpun Melayu-Polinesa Barat yang berkerabat denkat dengan bahasa Cham Vietnam dan Kamboja.

aceh

Suku Aceh – Ist

Bukti secara arkeologis berawal dari penghuni Aceh pada masa pasca Plestosen, merek tinggal di pantai timur Aceh tepatnya di daerah Langsa dan Tamiang. Mereka hidup sebagai pencaharian di laut sebagai nelayan penghasil jenis kerang, serta berburu di darat. Mereka biasa menggunakan api untuk keperluan sehari-hari, serta tradisi mengguburkan mayat dengan upacara tertentu.

Di suatu ketika telah terjadi perpindahan suku-suku asli Mantir dan Lhan (Proto Melayu) disamping suku-suku Cahmpa, Melayu dan Minang yang berdatangan belakangan serta membentuk pribumi Aceh, serta bangsa asing seperti India Selatan, serta bangsa Arab, Persia, Portugis dan Turki yang bergabung untuk menjadi warga Aceh. Posisi strategis yang menguntungkan ini terutama di utara pulau Sumatra selama beribu-ribu tahun menjadi tempat persinggahan utama dan percampuran berbagai suku bangsa yaitu dalam jalur sebagai pusat perdagangan laut yang dikenal oleh negara Timur Tengah hingga negara Tiongkok.

Jumlah suku Aceh berdasarkan estimasi yaitu mencapai 4.419.000 jiwa sedangkan menurut Sensus BPS 2010 bahwa suku Aceh yang terdapat di seluruh wilayah Indonesia sebanyak 3.404.000 jiwa. Juga terdapat minoritas yang cukup banyak di negara tetangga seperti Australia, Malaysia dan negara luar seperti negara Kanada dan Amerika Serikat serta negara Skandinavia.

Pada masa pra-modern dan hidup secara matrilokal dan komunal, bahwa suku Aceh tinggal di pemukiman yang disebut gampong, perkumpulan dan persekutuan gampong-gampong membentuk mukim, sekitar abad ke-16 masa keemasan Aceh sudah menyebarluas, sehingga muncullah kerajaan Islam di Aceh Darussalam sampai puncaknya sampai di abad ke-17. Pada abad tersebut orang Aceh dikenal sebagai pejuang yang teguh dalam ajaran agama Islam, mereka dikenal sebagai pejuang militan dalam melawan penjajah Portugis dan Belanda.

Penulis: MasArif

Artikel Terkait: Apa itu Suku Asmat?, Apa itu Suku Maya?, Apa itu Suku Maori?

Comment di sini