Bank Sampah Pun Kini Punya Kartu ATM

by
March 5th, 2015 at 9:23 am

CiriCara.com – Ada sebuah cerita menarik tentang bank sampah. Berita menariknya, adalah tentang terobosan yang dilakukan bank sampah di kota Cimahi. Bank sampah di Kota Cimahi, Jawa Barat ini, telah meluncurkan layanannya bagi para nasabahnya, yakni meluncurkan layanan Anjungan Tunai Mandiri atau ATM.

bank sampah

Bank sampah – Ist/Joni/Padangkini.com

Di berita yang dimuat Tribunnews.com, diinformasikan bahwa Bank Sampah Induk Cimahi atau disingkat Samici, secara resmi telah meluncurkan kartu ATM-nya. Di keluarkannya Kartu ATM Bank Samici ini, bekerjasama dengan Bank Bukopin, salah satu bank swasta nasional di Tanah Air. Bagi saya, apa yang dilakukan Bank Samici, adalah terobosan besar. Karena bisa dikatakan, Bank Samici yang merupakan notabene adalah sebuah bank sampah kini keberadaannya sudah sejajar dengan bank-bank konvensional lainnya, sudah memiliki kartu ATM sendiri.

Dalam berita dikutip keterangan dari Wali Kota Cimahi Sudiarto sebagai narasumbernya. Dalam keterangannya, Wali Kota Cimahi, mengatakan bahwa diluncurkannya ATM Bank Samici, adalah untuk mempermudah paara nasabah bank sampah tersebut dalam bertransaksi. Khususnya ketika melakukan transaksi penjualan sampah. Jadi sekarang sudah canggih, menjual sampah bisa dilakukan via ATM. Dengan adanya ATM Bank Samici tersebut menurut Wali Kotaa Cimahi, para nasabah atau penjual sampah ke bank tersebut, bisa menarik uang hasil penjualan sampahnya dimana pun berada. Kapan pun, para nasabah Bank Samici bisa menarik uang ‘sampahnya’.

Jadi mereka, kata Wali Kota Cimahi, tak harus repot-repot lagi bila ingin mencairkan uang yang dikumpulkan dari hasil penjualan sampahnya. Orang nomor satu di Cimahi ini menambahkan, apa yang dilakukan Bank Samici adalah yang pertama di Indonesia. Saya pun sepakat dengan klaim Wali Kota Cimahi, Bank Samici adalah pionir, karena sepengetahuan saya, baru Bank Samici yang punya kartu ATM. Terobosan yang dilakukan Bank Samici, layak diikuti oleh bank-bank sampah lainnya di seluruh Indonesia. Sehingga para nasabahnya, mendapatkan layanan yang paripurna.

Jumlah nasabah Bank Samici sendiri menurut Wali Kota Cimahi, sudah mencapai 300 orang. Semoga setelah dikeluarkannya ATM, nasabah Bank Samici kian bertambah. Dan, para nasabah bank sampah tersebut kian semangat mengumpulkan sampah, dan dengan begitu, pundi tabungan ‘sampahnya’ makin gemuk. Jika sudah ‘gemuk’, tinggal pakai ATM untuk menariknya. Canggih bukan. Dari sampah, bisa jadi rupiah. Via ATM pula, rupiah bisa dikeluarkan.

Dalam berita itu juga, Pak Wali Kota mengungkapkan bahwa ada 40 jenis sampah anorganik yang diterima Bank Samici, seperti antara lain plastik, kertas, logam, dan kaca. Bahkan Bank Samici juuga menerima sampah berupa ban bekas.

Hebatnya lagi, Bank Samici juga melansir sebuah sistem bernama Managemen Bank Sampah (SiMbah). Sistem ini mengkoneksikan Bank Samici dengan unit-unit bank sampah lainnya di Kota Cimahi. Bank Samici sendiri adalah bank induk. Sampai saat ini, tercatat sudah ada 36 bank sampah di Kota Cimahi. Semoga, semakin maju. Dan semoga pula, Kota Cimahi semakin bersih dan kinclong dari sampah.

Penulis: Agus Supriyatna

Artikel terkait: Indonesia Penyumbang Sampah ke Laut Terbesar Kedua di Dunia

Comment di sini