Begal Motor dan Tips Pencegahanya

by
March 5th, 2015 at 1:57 pm

CiriCara.com – Begal motor sama halnya dengan pencuri motor, hanya saja yang terjadi adalah begal motor yang beraksi di jalanan, baik dengan cara penodongan disertai kekerasan bahkan sampai terjadi kekerasan dengan pembunuhan (sadisnya). Fenomena pembegalan motor sepertinya sama tenarnya dengan kemunculan dengan boomingnya batu-batu akik yang sekarang tenar. Hanya berbeda kondisi, jika pembegalan sangat merugikan, tetapi fenomena batu akik sama-sama menguntungkan.

begal motor

Ilustrasi begal motor – Ist/Harianterbit

Begal motor yang sering melakukan aksinya oleh beberapa orang atau kelompok terorganisir, seperti club, tetapi tidak semua club motor melakukan tindakan kekerasan tersebut. Sepertinya di setiap kota grup begal motor ada dan melakukan aksinya pada malam hari, jadi hati-hati bagi orang yang keluar malam mengendarai motor sendirian.

Sepertinya kemunculan begal motor on the road akhir-akhir ini sudah jadi berita nasional, awalnya setelah terjadi pembegalan motor dibeberapa kota, masyarakat diam seribu basa tanpa ada yang bertindak, mereka pikir, itu urusanya yang berwajib. Tetapi kenyataan yang ada dan kadang terjadi bekal motor sepertinya pihak berwajib tidak bertindak, akan tetapi dengan maraknya tersebut, hingga masyarakat mulai bergerak dan geram sehingga terkadang main hakim sendiri. Beberapa waktu yang lalu pelaku begal malah dibakar sampai mati. Tindakan tersebut karena tidak ada tindak lanjut dari pihak berwajib, untuk memberantas, atau melakukan patrol untuk menindak para begal, dalam hal ini masyarakat tidak bisa disalahkan karena pelaku begal sudah meresahkan.

Ada beberapa tips agar bisa terhindar dari aksi pembegalan motor, karena begal motor biasanya beraksi pada tempat yang sepi:

  1. Apabila terpaksa keluar malam menggunakan motor sebaiknya ditemani sekaligus membawa sesuatu untuk jaga-jaga, misalnya semprotan yang berisi cairan cabe rawit. Semprotan ke bagian muka tepatnya dimata.
  2. Tancap gas bila ada sesorang yang mencurigakan kepada kita, diusahakan diarahkan ke tempat yang ramai penduduk atau pejalan kaki bila si begal mengejar kita.
  3. Sediakan minyak tanah dan obor, bila ada begal motor. Anda memasukan minyak tanah ke dalam mulut kemudian semprot ke obor, diarahkan ke muka si begal.

Demikian tentang begal motor dan cara mengatasinya.

Penulis: MasArif

Comment di sini