Dampak Buruk Mie Instan untuk Ibu hamil

by
March 5th, 2015 at 11:53 am

CiriCara.comMie instan selalu menjadi pilihan banyak orang untuk mengganjal rasa lapar karena kepraktisan dan juga rasanya yang lezat. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang tua suka dengan mie instan. Tak jarang ada juga ibu hamil yang makan mie instan.

mie instan

Ibu hamil boleh makan mie instan? – Ist

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah mengonsumsi mie instan aman untuk ibu hamil? Ya, hal ini tentu tidak jadi masalah asalkan tidak dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Walau pun rasa lapar terus mendorong Anda untuk makan mie instan, tapi tetap harus ada batasannya.

Namun begitu, ibu hamil tetap tidak disarankan untuk mengonsumsi mie instan. Karena mie instan ini punya dampak yang buruk jika dikonsumsi berlebihan oleh ibu hamil. Apa saja dampak buruknya?

Berikut ulasannya, seperti dilansir matawanita.com:

1. Meningkatkan tekanan darah

Di dalam mie instan memang terkandung sejumlah vitamin dan juga protein yang baik untuk ibu hamil. Namun sayangnya, mie instan juga mengandung banyak garam yang bisa memicu tekanan darah tinggi dan bisa memicu keluhan kaki bengkak pada ibu hamil.

2. Reaksi hipersensitif

Mie instan mengandung Mono Sodium Glutamat atau yang lebih dikenal sebagai MSG. Kandungan MSG ini bisa menyebabkan reaksi hipersensitif seperti lemas, muntah, nyeri kepala, dan mual, meski tidak terjadi pada semua ibu hamil. MSG ini juga bisa menyebabkan gangguan tidur pada ibu hamil.

3. Muncul penyakit

Jika dikonsumsi jangka panjang, mie instan bisa memicu berbagai macam penyakit pada ibu hamil. Seperti, nyeri tubuh atau fimbromyalgia, kanker, asma, dan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini jelas akan mengganggu tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu.

Cara menyiasatinya:

Jika Anda tetap ingin mengonsumsi mie instan saat hamil, ada baiknya kurangi porsinya. Kurangi juga jumlah bumbu yang dipakai. Tambahkan sayuran yang kaya serat dan bagus untuk kesehatan. Dengan menambahkan sayur, Anda akan lebih cepat kenyang tanpa harus menghabiskan semua mie instan yang dimasak.

Meskipun demikian, ada baiknya jika Anda menghindari mengonsumsi mie instan saat hamil. Karena bagaimana pun mie instan tersebut tidak baik untuk kesehatan ibu hamil. Jika masih ingin makan mie instan, ada baiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

Semoga bermanfaat! (YG)

Comment di sini