Komitmen yang Harus Dilakukan Setelah Banjir

by
March 5th, 2015 at 11:57 am

CiriCara.com – Banjir sudah reda namun bukan berarti  lewat begitu saja. Ia akan datang lagi jika masing-masing dari kita tidak berkomitmen untuk mencegahnya. Perlu janji dalam diri sendiri untuk menepati komitmen-komitmen tersebut setiap hari. Apa saja?

buang sampah

Hal sederhana mencegah banjir – Ist

Membuang Sampah pada Tempatnya

Sampah merupakan biang dari masalah banjir. Bagaimana ia bisa menyebabkan bencana merepotkan tersebut? Sampah yang dibuang sembarangan memang terlihat kecil namun jika banyak orang yang melakukannya akan menjadi besar juga. Sampah tersebut bisa terbawa ke saluran parit atau got sehingga menyumbat aliran air.

Lebih lagi, sampah-sampah dari berbagai saluran akan terkumpul ke sungai, ditambah dengan perilaku penghuni permukiman yang membuang sampah hariannya ke badan air itu. Semua hal ini bergabung menjadi penghalang besar bagi jalannya air.

Karena itu, mulai sekarang, setiap orang perlu komitmen untuk membuang sampah pada tempatnya. Jika sedang berada di mobil, siapkanlah wadah sampah khusus lalu buang saat menemukan bak sampah. Bagi yang sedang berada di jalan atau duduk di tempat yang jauh dari tong sampah, kantongi dulu sisa makanan lalu bawa sembari pulang.

Menjaga Tumbuhan

Bagi yang sudah memiliki pepohonan di rumah berjanjilah mulai sekarang untuk tidak menebangnya. Pohon akan menyimpan air hujan di dalam tubunya. Daun serta ranting yang luruh akan menjadi habitat dari berbagai bakteri yang dapat membuka pori-pori tanah. Dengan begitu, daya serap tanah terhadap air semakin tinggi. Daun dan batang pohon memperlambat gerakan air sampai ke permukaan tanah. Hal ini menyebabkan air lebih mudah diserap.

Bagi yang memiliki lapangan berumput, harap tidak dibangun atau dicor. Perkerasan tanah akan menghalangi masuknya air. Kalau masih ada lahan, bambu bisa jadi pilihan tepat untuk mencegah banjir di sekitar rumah.

Jika masih perlu diperkeras untuk lahan parkir misalnya, pilihlah paving atau grass block. Ini karena jenis bahan tersebut memiliki celah yang dapat jadi jalan masuknya air ke dalam tanah.

Menjaga Sungai

Jagalah kebersihan sungai. Hindari membuang sampah ke dalamnya. Tidak cukup sampai di situ, hindari membangun di tepi sungai. Area pinggir sungai seharusnya ditanami pepohonan. Selain untuk menahan longsor, tumbuh-tumbuhan tersebut dapat mencegah luapan sungai berlebihan dengan kemampuannya dalam menyimpan air.

Penulis: Ummu Solid

Artikel terkait: Cara Tumbuhan Mencegah Banjir.

Comment di sini