Save Suku Anak Dalam (SAD)

by
March 5th, 2015 at 3:26 pm

CiriCara.com – Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai beberapa ribuan suku bangsa dari A sampai Z, dan yang mempunyai beraneka ragama, dialek, bahasa, tradisi, kepercayaan, serta agama. Dan masing-masing daerah saling mempengaruhi dan dipengaruhi oleh kebudayaan daerah lain bahkan dipengaruhi oleh kebudayaan yang berasal dari luar. Salah satu kebudayaan yang unik adalah Suku Anak Dalam (SAD). Suku tersebut berasal di daerah Jambi dan Sumatera Selatan. Suku ini belum banyak dikenal oleh masyarakat di Indonesia, disebabkan Suku Anak Dalam ini sudah sangat langka dan mereka kebanyakan tinggal di daerah terpencil dan jauh dari komunitas orang-orang yang sudah modern.

suku anak dalam jambi

Suku Anak Dalam – Ist

Suku Anak Dalam (SAD) sering juga disebut dengan Suku Kubu atau Orang Rimba. Menurut tradisi lisan bahwa Anak Dalam merupakan orang Malau sesat yang lari atau pindah ke hutan di sekitar Air Hitam yang sekaligus Taman Nasional Bukit 20, mereka kemudian dinamakan dengan Moyang Segayo. Menurut tradisinya mereka berasal dari Pagaruyung, yang kemudian mengungsi ke daerah Jambi, mereka ternyata mempunyai kesamaan tradisi dengan suku Minangkabau.

Hidup mereka sering berpindah-pindah atau nomaden, mata pencaharian kebanyakan dari merek adalah meramu dan berburu, walaupun dari sebagian mereka telah banyak yang memiliki lahan karet ataupun pertanian lanilla. Secara geografis mereka menetap di daerah Jambi dan secara ekologis mereka hidup di tiga wilayah yang berbeda yaitu Orang Kubu di utara Jambi, Taman Nasional 12 dan wilayah selatan Provinsi Jambi (jalan lintas Sumatra).

Hingga saat ini Suka Anak Dalam sudah saat sedikit sekitar 200.000 orang, kehidupan mereka sangat mengenaskan seiring dengan musnahnya secara bertahap sumber daya hutan yang berada di provinsi Jambi dan Sumatera Selatan, dan proses marginalisme yang dilakukan oleh pemerintah dan suku bangsa dominan yaitu orang Melayu yang bertempat di Jambi dan Sumatera Selatan.

Untuk kepercayaan Suku Anak Dalam mereka masih menganut animisme dan sebagian lagi sudah berpuluh mungkin bertambah dengan pindahnya agama yang dulunya animisme kemudian pindah beragama Islam.

Demikianlah tentang Suku Anak Dalam (SAD). Save Suku Anak Dalam, semoga bertahan dan lestari sepanjang masa.

Penulis: MasArif

Artikel Terkait: Apa itu Suku Maya?, Apa itu Suku Maori?, Apa itu Suku Aborigin?, Apa itu Suku Dayak?, Apa itu Suku Indian?

Comment di sini