Tips Menghindari Begal

by
March 5th, 2015 at 10:57 am

CiriCara.com – Aksi begal semakin sering terdengar. Komplotan ini tidak jarang nekat melukai bahkan membunuh korbannya. Saat ini, pihak kepolisian dan elemen masyarakat bahu-membahu untuk mencegah perampasan tersebut. Masih ingatkah kita kalimat “Kejahatan bukan hanya terjadi karena niat tetapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah!”. Kata-kata ini mengingatkan kita agar tidak memberi peluang kepada para begal untuk menjalan aksi. Bagaimana caranya?

begal

Ilustrasi begal motor – Ist/Motorplus-online.com

Tidak Memakai Perhiasan Berlebihan

Alangkah baiknya kita tidak memakai perhiasan sama sekali di tempat umum apalagi tempat yang sepi. Perhiasan akan memancing niat jahat seseorang atau menjadikan kita sebagai incaran para begal.

Jikalau kamu terpaksa menggunakannya untuk acara, saat berkendaraan, simpanlah dulu perhiasan tersebut di tempat-tempat yang tersembunyi. Misalnya, di tas dan kantong pakaian.

Tidak Menggunakan Tas Besar

Tas besar sering kali menandakan ada barang besar juga di dalamnya. Bagi yang mahasiswa, tas besar identik dengan berisi laptop. Tas ukuran sedang yang cukup padat menandakan ada berbagai gadget di dalamnya.

Jika harus membawa banyak gadget, pisah-pisahkan tempatnya. Misal, sebagian ditaruh di kantong celana atau di dalam jok dengan bantalan empuk.  Kalau terpaksa membawa laptop, pilihlah jalur-jalur yang aman.

Hindari Tempat Sepi

Begal paling suka dengan kondisi seperti ini. Saat tidak ada orang di sekitar korban, pelaku kriminal tersebut dapat dengan bebas melancarkan aksinya. Mereka pun jauh dari ancaman bakar seperti yang terjadi pada seorang begal beberapa hari lalu.

Hindari Tempat Gelap

Ini berlaku untuk kamu yang sedang membawa barang berharga maupun tidak. Tempat gelap selalu memberikan kesempatan kepada penjahat untuk beraksi.

Memilih Jam

Usahakan agar sudah sampai di tempat tujuan sebelum pukul 22:00. Para begal biasanya beraksi mulai dari pukul 23:00 hingga pukul 05:00. Namun, tidak menutup kemungkinan, mereka beraksi di luar jam tersebut. Pagi hari hingga pukul 09:00 masih memungkinkan karena merupakan jam pulang operasi para pelaku kriminal.

Beberapa faktor di atas tidak bisa dipisahkan satu per satu. Semua harus dilakukan setiap keluar rumah. Para begal mungkin saja tidak sedang beroperasi dengan kelompoknya namun jika ada kesempatan seperti tempat gelap dan sepi, tindak kejahataan tetap bisa terjadi.

Penulis: Ummu Solid

Artikel terkait: Cara Mencegah Tindak Kejahatan Begal.

Comment di sini