Apa itu Suku Gayo?

by
March 6th, 2015 at 3:56 pm

CiriCara.com – Suku Gayo  merupakan suku di pegunungan Aceh bagian tengah, suku Gayo nama lainya adalah orang gunung Aceh bagian tengah. Jumlah penduduknya sangat sedikit sekitar 85.000 jiwa, secara mayoritas bahwa Suku Gayo kebanyakan mendiami di Kabupaten Aceh Tengah dan Benar Meriah sekitar 15-20%, dan Gayo Lues sekitar 20 – 40%. Kebanyakan Suku Gayo beragama Islam dan mereka terkenal taat dengan agama Islam tersebut, bahasa sehari-hari menggunakan bahasa Gayo.

Suku gayo

Suku Gayo – Ist

Menurut sejarahnya bahwa orang-orang Gayo sekitar abad ke-11 yang pertama kali mendirikan kerajaan Linge di era pemerintahan Sultan Makhdum Johan berdaulat Mahmud Syah dari Kesultanan Perlak. Raja Linge 1 mempunyai empat orang anak, yang sulung bernama Empu Beru atau Datu Beru, adik-adiknya bernama Sebayak Lingga atau Ali Syah, Meurah Johan dan Meurah Lingga. Sebayak Lingga merantau ke tanah Karo dan membuka negeri serta pemerintahan disana dan dikenal dengan Raja Lingga Sibayak.

Meurah Johan mengembara ke Aceh Besar dan mendirikan negeri dan kerajaanya yang bernama Lam Krak atau Lam Oeii atau dikenal dengan Lamuri atau Kesultanan Lamuri. Sedangkan Meurah Silu bermigrasi ke daerah Pasai dan menjadi karyawan di Kesultanan Daya di Pasai. Meurah Mage sendiri dimakamkan di Wih ni Rayang Keramil di daerah Linge Aceh Tengah dan sampai sekarang sering diziarahi oleh penduduk setempat.  Penyebab adik-adiknya bermigrasi ke semua dareah di wilayah Aceh belum diketahui secara pasti. Namun, menurut sejarah bahwa Raja Linge lebih menyayangi anak bungsunya Meurah Megei, sehingga membuat anak-anak yang lainnya lebih memilih untuk berpetualang dan mengembara.

Seperti suku-suku yang lain, suku Gayopun mempunyai seni dan tarian yang perlu dilestarikan: seni didong niet, didong, tari saman, tari guel, tari bines, tari sining, tari munalu, tari turun ku aih aunen, tuah kukur, tari resam berume, melengkan, dabus. Begitu juga makanan, suku Gayopun memiliki makanan khas seperti: gutel, lepat, masam jaeng, pulut bekuah, pengat, cecah dan gegaloh.

Demikian mengenai apa itu suku Gayo beserta tarian dan makanan khas. Selamat membaca tentang suku Gayo.

Penulis: MasArif

Artikel terkait: Apa itu Suku Alas?

Comment di sini