Begal Motor Makin Merajalela

by
March 6th, 2015 at 8:26 am

CiriCara.com – Siapa sih yang tidak tahu tentang begal motor?? Tindakan kriminal yang sedang marak-maraknya terjadi di Indonesia, khususnya wilayah Jakarta dan Tangerang ini membuat masyarakat pengguna sepeda motor menjadi was-was saat ingin berkendara.

begal

Ilustrasi begal motor – Ist/Motorplus-online.com

Aksi pembegalan ini konon katanya terjadi karena ada seseorang yang ingin membalas dendam kepada warga Jakarta, yang pernah membunuh warga nya di daerah Lampung. Raja begal ini lalu mempekerjakan hingga 250 orang untuk di pencar ke berbagai kota untuk aksi pembegalan, berita ini pun disebarkan melalui broadcast bbm (blackberry messenger) yang membuat para masyarakat menjadi takut.

Para pembegal juga tidak dengan mudah di bunuh, masing-masing setiap anggota memiliki ilmu spiritual yang dimana tidak dapat merasa sakit jika dipukul. Seperti yang telah terjadi di daerah Tangerang Selatan, seorang pembegal tertangkap oleh warga yang di keroyok namun tidak merasa kesakitan. Bahkan ia sempat mengeluarkan celuritnya, karena warga merasa kesal pada si pembegal, secara terpaksa mereka membakar si pembegal tersebut.

Nah, ada beberapa tips-tips untuk Anda yang sering berpergian dengan mengendarai motor agar terhindar dari pembegalan, diantara nya:

1. Usahakan tidak pulang terlalu malam jika mengendarai motor sendirian.

2. Kalau keadaan jalanan mencurigakan, jangan mengendarai motor dengan pelan karena dapat dengan mudah adanya pembegalan.

3. Nah, ini yang berguna bagi Anda yaitu #PulangKonvoi yang dibentuk oleh para netizen hingga Polda Metro Jaya juga menyetujui adanya hal ini.

Yang di maksud dengan #PulangKonvoi adalah gerakan yang sedang maraknya di situs jejaring sosial Twitter untuk mengajak pengendara sepeda motor pulang bersama-sama pada malam hari. Caranya mudah, Anda cukup follow akun @PulangKonvoi di twitter agar bisa terkoordinasi dengan akun-akun lain yang butuh teman pulang bareng saat malam hari. Anda dapat nge-tweet ke @PulangKonvoi dan langsung saja tentukan waktu ketemuan, tujuan konvoi, dan meeting point nya dimana. Contoh nya “Ada yang mau #PulangKonvoi tujuan Depok? Kita ngumpul di pom bensin Ps Minggu jam 20.00″. Mudah kan? Selain itu juga Anda bisa mendapatkan teman baru melalui akun ini, tidak perlu takut karena para netizen yang membentuk gerakan ini juga ingin mencegah para pengendara motor menjadi korban begal.

4. Diusahakan jika Anda berpergian mengendarai motor, jangan terlalu banyak menggunakan atau membawa barang-barang berharga agar tidak terlalu mengundang banyak resiko.

Semoga bermanfaat!

Penulis: Felica Angeline

Comment di sini