Beragam Jenis Tingkat Wewangian

by
March 6th, 2015 at 9:59 am

CiriCara.com – Buat kamu pencinta parfum pasti pernah dong dengar istilah “EDP, EDT, EDC” ? Apa sih rahasia di balik mereka? Ko banyak banget jenisnya tapi sama-sama wangi. Nah, artikel ini akan membahas pengetian istilah-istilah tersebut.

Parfum

Parfum – Ist

EDP, EDT, EDC itu adalah istilah untuk tingkatan kewangian suatu parfum. EDP (Eau de Parfum), wewangian ini memiliki kadar essence 15-22% dan kadar alkoholnya sedikit. Sehingga aroma wanginya kuat dan tahan lama bisa bertahan hingga 24 jam. Jenis yang ini cocok untuk dipergunakan ke acara pesta.

EDT (Eau de Toilette), mengandung kadar essence sekitar 12% dan kadar alkoholnya tidak terlalu tinggi. Sehingga wangi lumayan tahan lama. Ini jenis wewangian yang sering dipakai oleh banyak orang. Karena selain wanginya ringan, tidak terlalu menyengat juga bisa bertahan sekitar 6-12 jam.

EDT (Eau de Cologne), merupakan jenis wewangian yang memiliki kadar alcohol paling tinggi dan essence-nya hanya 5%. Sehingga wanginya cepat menguap. Namun, meski demikian ini tetap menjadi pilihan khususnya bagi mereka yang kerap beraktivitas di luar ruang. EDT biasanya berbentuk body spray atau body splash yang suatu pilihan wewangian pas memberikan kesegaran seketika.

Selain tiga istilah di atas ternyata masih ada loh satu jenis tingkat wewangian lagi, yaitu pure perfume. Bisa dibilang ini merupakan tingkat wewangian “maha dewa”. Karena wewangian ini setingkat di atas EDP. Ini termasuk wewangian yang ekslusif. Karena tidak terdapat campuran alkohol dan kadar essence-nya mencapai 22%. Sehingga aroma semerbaknya mampu mendekam cukup lama di tubuh kamu. Oleh karena itu, hanya perlu beberapa tetes untuk diaplikasikan pada kulit di tubuh kamu, maka aroma wangi akan mengudara. Hingga mampu bertahan sekitar 2-3 hari.

Enggak usah bingung dengan istilah-istilahnya wewangian. Yang penting kamu pilih jenis wewangian yang sesuai kebutuhan serta aktivitas harian kamu. Rasanya enggak cocok kalau kamu lagi olahraga dan kamu memilih memakai EDP kan? Karena kalau begitu hanya akan membuat orang-orang di sekitar kamu merasa wangi kamu terlalu lebay alias berlebihan.

Penulis: Rona Siahaan

Artikel terkait: Cara Memilih Wewangian Sesuai Karakter.

Comment di sini