Fakta Unik Kota Terbaik di Dunia

by
March 6th, 2015 at 9:43 am

CiriCara.com – Apa kota terbaik di dunia? Wina atau Vienna, ibukota Austria yang tahun ini kembali dinobatkan sebagai kota paling baik di sejagat. Saat ini, gelar bagi daerah di Benua Eropa tersebut tetap bertahan selama enam tahun. Wina merupakan kawasan yang menawarkan kualitas hidup tertinggi.  Kategori ini merupakan hasil survey yang dilakukan oleh perusahaan Mercer. Beberapa hal yang dipertimbangkan dalam menilai kualitas hidup kota-kota ialah pelayanan kesehatan, pendidikan, transportasi, tempat rekreasi, kriminalitas, dan kondisi politik.

austria

Wina, Austria – Ist

Arsitektur

Tidak salah menobatkan Wina sebagai kota terbaik dengan kualitas hidup tertinggi di dunia. Vienna merupakan surga arsitektur yang memberikan kenyamanan dan kebahagiaan hidup tersendiri bagi penduduknya.

Berbagai macam gaya bangunan yang indah dapat ditemukan di kota musik ini, dari arsitektur klasik hingga sentuhan modern. Beberapa di antaranya adalah Romanesque Ruprechtskiche, Baroque Karlskirche, Baroque Belvedere Palace, Highbaroque Jesuitenkriche, Rococo Schönbrunn Palace, dan Gothic Stephansdom.

Wina merupakan napak tilas bagi arsitek-arsitek dunia seperti Wagner Joze Plecnik yang merancang Langer House pada tahun 1900, The Zacherlhaus pada tahun 1903, serta Plecnik’s Church of The Holy Spirit tahun 1910.

Kota Mozart dan Beethoven

Wina merupakan kota karir bagi para musisi legendaris sekelas genius Wolfgang Amadeus Mozart dan Ludwig van Beethoven. Sederet pemusik klasik lainnya ialah Franz Schubert, Joseph Haydn, Johannes Brahms, Gustav Mahler, Robert Stolz, dan Arnold Schoenberg.

Tidak hanya musik, kota seni ini terkenal dengan teater dan operanya. Teater terbaik di antaranya adalah Burghtheater, Volkstheater Wien, dan Theater in der Josefstadt.

Kota Taman

Terdapat banyak Ruang Terbuka Hijau di Wina. Ruang ini sangat bermanfaat untuk kesehatan pribadi penduduknya. Banyak tempat tenang yang bisa jadi sarana mencari inspirasi dan meregangkan pikiran.

Rupanya, fasilitas untuk menekan stres di kota asri ini ada di mana-mana seperti Stadpark, Bruggarten, Volksgarten, Donaupark, dan sebagainya. Taman-taman kecil juga begitu banyak tersebar di kota indah tersebut.

Transportasi Umum

Tidak perlu repot mengakses berbagai tempat di Vienna. Ada berbagai pilihan transportasi yang nyaman untuk mengantar penumpang. Wina dilengkapi dengan jaringan bus, kereta api, dan kereta bawah tanah. Jika ingin menikmati perjalanan pribadi, ada Trans Eropa yang menyediakan mobil beserta sopir dengan keahlian berkomunikasi dalam berbagai bahasa.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini