Ini Dia, Tempat Makan Favorit Orang Penting di Indonesia

by
March 6th, 2015 at 1:26 pm

CiriCara.com – Jika kita bertanya kepada para pencinta kuliner sejati, apakah mereka punya tempat makan yang jadi favoritnya? Mereka pasti akan menjawab punya tempat mencicip lidah yang difavoritkan. Atau tempat langganan mereka memanjakan selera lidah.

sby dan ibu ani

SBY dan Ibu Ani melakukan kunjungan ke pabrik tahu sewaktu jadi Presiden – Beritagar.com

Ya, setiap orang pastinya juga punya menu favorit. Bagi yang suka soto Kudus, ketika hendak memanjakan lidah, sebisa mungkin yang akan dicari adalah tempat makan yang menyediakan menu soto Kudus. Bahkan, mereka biasanya punya tempat makan langganan. Tidak terkecuali juga para tokoh ‘tenar’ di negeri ini, mereka pun ternyata punya ‘warung makan’ favoritnya, yang selalu disambangi kala lapar memanggil.

Tentang ini, Majalah Tempo, edisi 12 April 2009, pernah menurunkan berita berisi daftar rumah atau warung makan langganan para tokoh politik penting di Tanah Air. Berikut daftar warung makan langganan para tokoh politik nasional yang saya kutip dari Majalah Tempo, edisi 12 April 2009. Pertama, Restoran atau Rumah Makan Lie Djiong. Restoran ini, ternyata menjadi tempat langganan Sri Sultan Hamengkubuwono X memanjakan selera lidahnya.

Majalah Tempo menuliskan, Restoran Lie Djiong ini, menu andalannya adalah burung dara goreng tepung. Nah, Raja Yogyakarta ini sangat suka menu tersebut. Jadilah restoran yang didirikan 1940 itu jadi tempat langganan Sri Sultan bersantap. Bahkan setiap ada perjamuan makanan di Kraton, Sri Sultan kerap memesan masakan dari Restoran Lie Djiong.

Tempat makan kedua yang jadi favorit tokoh penting di Indonesia adalah Bakso Sukowati. Bakso Sukowati yang dimiliki Sukimin ini, ternyata tempat ‘favorit’ Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden RI ke-6. Bakso Sukowati itu sendiri ada di sekitaran Cikeas. Nah, sejak tinggal di Cikeas itulah, SBY, demikian panggilan Susilo Bambang Yudhoyono jatuh cinta kepada racikan baso ala Sukimin. Setiap menggelar acara keluarga di rumah pribadinya di Cikeas, SBY selalu memesan baso dari Warung Bakso Sukowati.

Ketiga, adalah Bakmi Kadin. Warung Bakmi Kadin ini terletak di Jalan Bintaran Kulon 3 dan 7 Yogyakarta. Jangan anggap remeh warung bakmi Kadin ini. Pelanggannya bukan orang sembarangan. Salah satu pelanggan setianya adalah almarhum Soeharto, Presiden RI yang pernah berkuasa 32 tahun lamanya di Indonesia. Menu favorit Soeharto di Bakmi Kadin adalah bakmi godok.

Keempat, tempat makan yang jadi langganan tokoh penting adalah Warung Pak Made. Salah satu pelanggan setia Warung Pak Made yang terletak di Jalan Pundak, Batu Bulan, Gianyar Bali tersebut, adalah Megawati Soekarnoputri mantan Presiden RI. Setiap ke Bali, Megawati selalu singgah ke Warung Pak Made mencicipi menu favoritnya yaitu, paket dua udang, irisan cumi dan ikan bakar.

Anda pencinta kuliner? Saya kira, tidak ada salahnya bila mencoba menu-menu di tempat-tempat makan yang jadi langganan orang penting tersebut.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini