Makan Wortel, Mata Bisa Melihat dalam Gelap?

by
March 6th, 2015 at 2:02 pm

CiriCara.com – Siapa yang tak kenal wortel, sayuran berwarna oranye yang punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Wortel bisa dikonsumsi langsung. Wortel juga bisa dibuat jus, atau jadi bahan pelengkap menu makanan seperti sup atau capcay. Tapi yang pasti, wortel adalah sayuran sarat manfaat. Sayuran ini, kaya akan kandungan vitamin A, vitamin yang baik untuk kesehatan mata.

wortelMengutip situs manfaat.co.id, ada 11 manfaat dari wortel bagi kesehatan. Manfaat pertama, wortel katanya bisa mengurangi resiko kanker, karena dalam wortel terkandung hidrat arang, fosfor, dan beta karoten. Nah, beta karoten ini dipercaya bisa meminimalisir serangan kanker. Dalam ulasannya, manfaat.co.id, menuliskan, sebuah penelitian menunjukkan, bahwaa orang yang mengkonsumsi wortel 2 kali sehari, dapat menurunkan 17 persen resiko penyakit kanker payudara.

Manfaat kedua, wortel dapat menekan resiko penyakit jantung. Manfaat ketiga, wortel bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Sedangkan manfaat keempat, wortel bisa diandalkan mencegah stroke. Sementara manfaat kelima, wortel menjaga kesehatan mata. Manfaat yang keenam, wortel bermanfaat bagi kesehatan ginjal.

Manfaat ketujuh, wortel dipercayai bisa menjaga kesehatan kulit. Mantaat wortel kedelapan versi ulasan situs manfaat.co.id, adalah untuk mencegah penuaan dini. Sedangkan manfaat kedelapan, wortel yang dikonsumsi rutin bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas Air Susu Ibu atau ASI. Sementara manfaat kesepuluh, wortel dapat menjaga kesuburan. Terakhir, wortel bermanfaat untuk menjaga janin dalam kandungan.

Namun tulisan ini tak hendak membedah lebih detil beragam manfaat wortel. Tapi, memang ada kaitannya juga dengan manfaat yang dikandung wortel. Tulisan ini, hendak menceritakan kisah wortel yang ternyata punya peran penting dalam Perang Dunia II. Kisah wortel dan Perang Dunia II ini, saya dapatkan dari Majalah Tempo, edisi 3 Februari 2008.

Majalah tersebut mengulas fakta-fakta terkait dengan wortel. Pada 1940, Jhon Cunningham, pilot pesawat tempur Kerajaan Inggris, berhasil menjatuhkan pesawat tempur Jerman yang menggunakan radar. Setelah keberhasilan Cunningham, kemudian pihak Royal Air Forces, angkatan udara Kerajaan Inggris menyatakan bahwa keberhasilan sang pilot, tak lepas dari peran wortel.

Menurut Royal Air Force, para pilotnya selalu diberi diet rahasia yang membuat para pilot pesawat Kerajaan Inggris punya kemampuan bisa melihat dalam gelap. Lalu terungkaplah diet rahasia itu. Ternyata para pilot jet tempur Kerajaan Inggris itu dalam diet rahasianya hanya diberi wortel.

Jadi jangan pernah remehkan wortel. Angkatan Udara Kerajaan Inggris telah membuktikan keampuhan manfaat wortel. Hingga para pilotnya trengginas bertempur, meski dalam keadaan gelap malam. Kisah Jhon Cunningham salah satu pilot jet tempur terbaik Angkatan Udara Kerajaan Inggris yang diulas Majalah Tempo, adalah salah satu buktinya.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini