Makanan Untuk Jantung Sehat

by
March 6th, 2015 at 3:17 pm

CiriCara.com – Kamu mudah lelah? Baru jalan kaki sedikit tapi nafas udah tesengal-sengal. Itu artinya kondisi jantung kamu enggak prima. Enggak perlu nunggu usia lanjut untuk menjaga kesehatan jantung. Kita bisa mulai dari sejak dini. Karena apa yang kini kita lakukan bagi tubuh merupakan investasi kesehatan di hari tua. Untuk memiliki jantung yang sehat, selain kita perlu rajin olahraga kita juga harus memperhatikan asupan makanan. Ini nih kandungan nutrisi dalam makan yang harus kamu perhatikan supaya jantung sehat tetap terjaga.

makanan

Pilih makanan yang sehat – Ist

Kalsium

Kalsium umumnya kita pahami berguna untuk kesehatan tulang. Namun ternyata kalsium juga berguna untuk jantung. Makanan yang mengandung kalsium terdapat antara lain pada keju, tahu, brokoli, dan kubis. Ini dikarenakan berbagai makanan tersebut kaya kandungan kalsium yang mampu berperan untuk menstabilkan denyut jantung kamu.

Serat

Aneka makanan yang mengandung serat cukup mudah kita jumpai. Beberapa di antaranya ada pada gandum, kurma, pepaya dan jeruk. Selain itu sayuran berdaun hijau juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Ini dikarenakan berbagai makanan tersebut kaya kandungan magnesium yang berperan menstrabilkan detak jantung kamu.

Asam lemak omega 3

Asupan makanan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 sangat baik untuk kesehatan. Asam lemak omega 3 terdapat pada aneka jenis ikan seperti tuna, ikan sarden dan tiram. Selain itu kandungan asam lemak omega 3 juga dapat diperoleh pada makanan berupa kacang-kacangan, seperti kacang kenari.

Kalium

Menjaga denyut jantung kamu supaya tetap stabil kamu perlu juga asupan makanan yang banyak mengandung kalium. Enggak perlu susah-susah mikir makanan apa yang mengandung kalium. Ternyata makanan yang mengandung kalium ada pada buah-buahan yang harganya cukup terjangkau. Aneka makanan yang memiliki kandungan kalium, yaitu aneka buah-buahan seperti pisang, jeruk, tomat, serta alpukat. Makanan lainnya yang banyak mengandung kalium, yaitu air kelapa, kacang kedelai, serta ikan salmon.

Sama sekali enggak susah kan mencari makanan untuk menjaga kesehatan jantung kamu? Selain itu makanannya juga cukup mudah ditemui dan harganya pun cukup terjangkau. Jadi, enggak ada alasan lagi dong untuk enggak mulai pola hidup sehat.

Penulis: Rona Siahaan

Artikel terkait: Ciri-Ciri Penyakit Jantung Pada Wanita.

Comment di sini