7 Sumber Makanan Alami yang Baik Untuk Tubuh

by
March 9th, 2015 at 2:23 pm

CiriCara.com – Lebih baik mengonsumsi makanan yang alami dari sejak dini. Sehingga dapat menjadi investasi untuk menjaga tubuh tetap sehat. Dari pada kita melakukannya ketika sakit. Bukankah lebih baik mencegah dari pada mengobati?

makanan baik

Makanan baik untuk tubuh – Ist

Berikut makanan alami yang baik untuk dikonsumsi serta memberi manfaat bagi kesehatan tubuh yang dikutip dari Daily Mail.

Alpukat

Berdasarkan penelitian terbaru, mengonsumsi alpukat dalam sehari dapat membantu untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Sementara rata-rata orang mengetahui bahwa alpukat mengandung kadar lemak yang tinggi. Padahal, sebagian besar kandungan lemak dalam alpukat mengandung mono-unsaturated atau lemak “baik”. Ternyata telah ditemukan bahwa lemak ini berfungsi untuk membantu menurunkan kolesterol, mengurangi risiko stroke dan serangan jantung, serta meningkatkan kesehatan jantung secara umum. Penelitian yang membahas tentang alpukat ini telah dipublikasikan oleh American Heart Association.

Minyak Ikan

Minyak ikan bermanfaat untuk orang yang mengidap rheumatoid arthritis. Masalah rheumatoid arthritis dapat diatasi dengan mengonsumsi minyak ikan setiap meinggu. Temuan ini berdasarkan pada penelitian tentang Annals of Rheumatoid Diseases. Penelitian ini mengamati kesehatan dan kebiasaan makan pada wanita yang berusia di atas 15 tahun. Hasilnya, ditemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi paling sedikit satu takar minyak ikan dalam seminggu dapat mengurangi risiko arthritis sekita 52% daripada mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

Ubi Bit Merah

Makanan ini berkhasiat khususnya untuk mereka yang mengalami tekanan darah tinggi. Percobaan yang telah dilakukan, yaitu dengan meminum jus ubi bit merah dalam sehari dapat mengurangi tekanan darah. Penelitian ini pernah dilakukan oleh University of London yang didanai oleh British Heart Foundation. Hasilnya, kandungan nitrat yang tinggi dalam segelas jus ubi bit merah dapat membantu membuat tubuh lebih rileks dan melancarkan pembuluh darah seingga dapat mengurangi tekanan darah bagi mereka yang mengalami hipertensi. Ubi bit merah mengandung banyak nutrisi dan mineral, seperti folat, mangan, seng (zinc), dan vitamin B-6.

Kacang Almond

Makanan yang satu ini juga baik dikonsumsi oleh mereka yang mengalami hipertensi. Kacang almond mengandung protein dan lemak baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Aston University, Birmingham, hanya dengan memakan 50 gram kacang almond per hari dapat membantu mengurangi tekanan darah dan melancarkan peredaran darah.

Sayuran Hijau

Sebelumnya telah dibahas mengenai lemak jahat dan lemak baik. Perbedaanya, lemak baik dapat membantu membakar lemak, bukan menyimpannya. Dengan berolahraga dapat meningkatkan kadar lemak baik, tapi studi tentang nitrat telah menunjukkan bahwa kandungan ini juga ditemukan dalam sayuran hijau, yang juga dapat membantu untuk mengubah sel-sel lemak jahat pada sel-sel yang sangat mirip dengan lemak baik.

Oat

Oat merupakan salah satu sumber makanan yang kaya serat. Memakan bubur oat dipercaya dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan mencegah rasa lapar pada pertengahan hari sebelum makan siang yang membuat orang memilih mengonsumsi makanan ringan. Bubur ini merupakan sumber magnesium mineral yang membantu mengatur kadar insulin dan glukosa dalam tubuh.

Penulis: Rina Siahaan

Comment di sini