Akhir Dress dengan Warna Kontroversial

by
March 9th, 2015 at 2:59 pm

CiriCara.com – Februari lalu, para netizen seolah bergulat dalam permainan tebak-tebakan. Sebuah foto gaun diunggah oleh Swiked pada akun Tumblr-nya. Posting ini memicu berbagai perdebatan melalui tagar #TheDress, terkait warna gaun tersebut. Sebagian orang menjawab putih dan emas namun sebagian lainnya menjawab biru dan hitam.

the dress

The Dress – Ist

Tentu ini bukan perdebatan biasa karena turut  melibatkan berbagai bintang dunia. Sebut saja Ratu Country, Taylor Swift yang ikut penasaran untuk membuktikan penglihatannya pada gaun itu. Melalui twitter ia berkicau, “Jelas berwarna biru dan hitam”.

Ada lagi pasangan Kim Kardashian dan Kanye West yang ternyata memiliki persepsi berbeda. Kim melihatnya putih dan emas, sedangkan Kanye melihatnya biru dan hitam. Hal ini membuat model dunia tersebut bertanya siapa yang sebenarnya buta warna?

Mekanisme Mata

Dilansir dari laman kompas.com, sebuah cahaya akan jatuh pada benda lalu memantul ke mata manusia. Cahaya kemudian diterima retina, saraf mata, hingga diterjemahkan di otak sesuai dengan ukuran gelombang cahaya tersebut. Dengan demikian, mata bisa melihat warna benda.

Pengaruh Cahaya Sekitar

Pakar saraf Universitas Washington, Jay Neitz, menjelaskan kondisi cahaya matahari dan lampu membuat warna benda terlihat berbeda dari yang sebenarnya. Ia pun menganggap perdebatan warna gaun tersebut adalah hal wajar.

Pakar neurologi Wesley College, Bevil Conway berpendapat serupa. Menurutnya, akibat cahaya sekitar, mata bisa mendiskon bias kromatis cahaya sehingga orang melihat warna yang berbeda.

Gaun Pengacau

Dokter mata, Julia Haller, dari Wills Eye Hospital di Philadelphia, bersama ahli mata lainnya dalam acara The Macula Society memberikan sudut pandang lain. Mereka mengungkapkan bahwa gaun tersebut mengacaukan sel mata dan kemampuan otak.

Pertama, foto gaun kontroversial itu mungkin memperbesar variabilitas pada tingkat sel kerucut sebanyak 0,1%. Kedua, gradasi warna yang terdapat di foto membuat mata memakai semua sel kerucut untuk melihat warna hitam dan putih secara bersamaan.

Banyak orang yang melihat warna gaun tersebut menjadi putih dan emas juga biru dan hitam dalam sehari pada waktu berbeda. Ini karena foto gaun itu memperbesar perbedaan cahaya ambient dan interpretasi, sementara, pengolahan warna di otak merupakan proses kontekstual.

Percobaan Neil

Editor foto dari Wired, Neil Harris, menganalisis warna gambar gaun itu dengan proses white balancing.  Hal itu kemudian membuktikan bahwa gaun kontroversial tersebut berwarna biru dan hitam.

Terjual 10 Juta

Roman Originals kemudian melelang Si Gaun di eBay. Puluhan orang berminat menawar dengan harga hingga Rp 10 jutaan. Hasil penjualan ini kabarnya akan didonasikan untuk kegiatan amal.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini