Cara Mengatasi Psikosomatis

by
March 9th, 2015 at 10:22 am

CiriCara.com – Mungkin di antara kalian masih belum banyak yang mengetahui psikosomatis. Ini adalah merupakan penyakit fisik yang gejalanya disebabkan oleh gangguan psikis atau beban pikiran. Psikosomatis ini juga biasa dikenal sebagai Psikofisiologis disorder.

mules

Sakit perut – Ist/Tempo.co

Orang yang terkena psikosomatis biasanya akan mengalami reaksi tubuh berupa meningkatnya asam lambung (sakit perut, mules, atau pun maag), rasa mual, rasa pusing, atau gatal-gatal seperti alergi. Hal ini sifatnya sementara, tapi jika tidak ditangani bisa berbahaya.

Apakah kamu sering merasakan gejala-gejala di atas saat sedang dalam tekanan, stress, panik, atau grogi? Jika kamu ternyata sering mules atau sakit perut saat sedang grogi atau panik, ini tanda kalau kamu mengalami psikosomatis.

Sebagai contoh, seorang pelamar yang akan menjalani tes interview masuk kerja. Karena belum terbiasa menghadapi interview maka ia pun mengalami psikosomatis seperti mendadak mules, keringat dingin, sakit perut, atau gatal seperti alergi. Hal ini merupakan respon otak karena terlalu terbebani.

Umumnya psikosomatis ini terjadi hanya sementara. Setelah masalah atau ketegangan itu lewat, maka tubuh akan kembali normal. Nah bagi kamu yang sering mengalami mules mendadak karena grogi, mungkin cara berikut bisa membantu:

1. Hindari pikiran negatif

Stress, grogi, panik, dan gugup itu bisa disebabkan karena kamu terlalu banyak memikirkan hal negatif. Misalnya, takut gagal interview kerja, takut tidak bisa jawab interview, takut HRD nya galak, dan rasa takut lainnya. Cobalah untuk menghilangkan pikiran negatif tersebut.

2. Selesaikan masalah

Cari penyebab kenapa kamu bisa stress atau grogi. Jika karena memang tidak cocok dengan pekerjaan, kamu bisa cari pekerjaan lain. Intinya kamu harus bisa mengatasi penyebab kamu mengalami stress tersebut agar tidak mengalami psikosomatis yang berkepanjangan.

3. Percaya diri

Biasanya psikosomatis itu terjadi karena kamu merasa tidak yakin dengan kemampuan diri kamu sendiri. Sehingga yang muncul dalam pikiran kamu adalah rasa khawatir dan akhirnya malah membuat kamu jadi tiba-tiba mules atau sakit perut. Jadi, kamu harus percaya diri.

Psikosomatis ini adalah masalah mental. Jadi kamu harus mengenali diri kamu sendiri dengan baik. Jangan sampai deh kamu mengalami psikosomatis di saat-saat yang penting.

(YG)

Comment di sini