Fakta Unik Bandara Ngurah Rai, Bali

by
March 9th, 2015 at 8:26 am

CiriCara.com – Bandara Ngurah Rai yang ada di Denpasar Bali, adalah salah satu bandara tersibuk di Indonesia, selain Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Tangerang Banten. Bisa dikatakan, Bandara Ngurah Rai, adalah salah satu pintu gerbang utama Indonesia. Ngurah Rai, adalah pintu masuk ke Pulau Dewata, Bali salah satu destinasi wisata paling kondang di Indonesia.

bali

Bandara Ngurah Rai, Bali – Ist

Dalam sebuah berita yang dimuat Koran Republika, edisi Selasa 24 Februari 2015, saya mencatat ada beberapa fakta menarik dari Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Dalam berita tersebut, dituliskan bahwa pada tahun 2014, Bandara Ngurah Rai, Bali melayani jutaan penumpang. Rinciannya, Bandara Ngurah Rai ini pada tahun lalu, melayani sembilan jutaan penumpang domestik dan delapaan koma tiga juta (8,3 juta) penumpang internasional atau mancanegara. Menurut berita di Koran Republika, jumlah penumpang yang dilayani oleh Bandara Ngurah Rai pada 2014, meningkat 11 persen dari tahun 2013.

Data lainnya yang saya dapat dari Koran Republika, edisi 24 Februari 2014, pada saat peak season, Bandara Ngurah Rai, melayani sebanyak 7.379 penumpang dengan rata-rata pergerakan penumpang per hari sebanyak 47,370 penumpang. Data itu, berdasarkan keterangan Herry AY Sikado, General Manager PT Angkasa Pura yang dikutip Koran Republika sebagai narasumbernya.

Nah ini data menarik lainnya yang ada dalam berita Koran Republika. Bandara Ngurah Rai, ternyata punya troli sebanyak 2.500 buah. Dua ribuan troli itulah yang membantu para penumpang dalam membawa barang-barangnya, baik saat hendak terbang maupun ketika tiba di Bali. Berita di Koran Republika juga memuat informasi yang membuat kita bisa bangga. Berdasarkan penilaian yang dilakukan Airport Council International (ACI), tingkat kepuasan atas layanan Bandara Ngurah Rai, Bali meningkat. Untuk tingkat kepuasaaan penumpang, peringkat Bandara Ngurah Rai Bali meningkat,dengan skor 4,2. Padahal sebelumnya, pada 2012, berdasarkan penilaian ACI, skor Bandara Ngurah Rai Bali untuk tingkat kepuasaan hanya skor 2,9. Survei tingkat kepuasaan layanan bandara sendiri dilakukan ACI terhadap 350 bandara di seluruh dunia.

Dengan skor 4,2, posisi peringat Bandara Ngurah Rai Bali pun terangkat dari sebelumnya berada di posisi 212 merangkat naik bertengger di peringkat 60 dunia.

Penulis: Agus Supriyatna

Artikel terkait: Ketinggalan Pesawat, Pejabat Ini Ngamuk (Video)

Comment di sini