Pengaruh Buruk Gadget Pada Waktu Tidur

by
March 9th, 2015 at 11:54 am

CiriCara.com – Perkembangan teknologi setiap tahun semakin pesat. Kini kita dapat membeli gadget dengan harga yang sesuai kondisi keuangan. Faktanya semakin banyak produsen gadget yang menawarkan beragam kualitas dengan harga bersaing di pasaran. Maka, sudah tidak heran di jaman sekarang hampir semua kalangan usia, hari-harinya kerap bersanding dengan gadget. Entah itu berupa smart tablet, smartphone, laptop, ipod, PSP, dll.

gadget

Pengaruh buruk gadget – Ist

Gadget seolah menjadi kebutuhan yang penting. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan dengan gadget bukan hanya sekedar mencari informasi atau sebagai alat komunikasi, gadget juga berfungsi sebagai “pembunuh” rasa bosan. Misal dengan mendengarkan musik melalui ipod atau bermain game di PSP. Meski tak dapat dimungkiri memberi banyak manfaat ternyata gadget juga berdampak negatif bagi si pengguna. Apalagi kalau dipakai berlebihan. Karena pemakaian gadget dalam waktu lama dapat mnengganggu kesehatan.

Sesuai dengan berita yang dikutip pada Harian SINDO (18 Februari 2015), berdasarkan penelitian, pemakaian gadget dalam waktu lama dapat menggangu kualitas tidur di kalangan remaja. Penelitian ini dilakukan pada hampir 10.000 remaja asal Norwegia berusia antara 16 hingga 19 tahun. Penelitian itu menanyakan berapa lama mereka menghabiskan waktu bersentuhan dengan gadget di luar jam sekolah, serta jumlah dan kualitas tidur mereka pada malam hari.

Para remaja yang menjadi responden penelitian ini menggunakan berbagai jenis gadget, seperti komputer, smartphone tablet, televisi, dan MP3 player. Para remaja tersebut bisa menghabiskan waktu seharian saat memainkan gadget. Menurut penelitian, pemakaian gadget dalam waktu lama ini menyebabkan mereka memerlukan sekitar 60 menit lebih lama untuk tertidur daripada waktu biasanya. Dengan demikian para remaja ini akan cendrung tidur terlambat dari biasanya. Efeknya sangat dirasakan terutama bagi remaja yang biasa memainkan gadget sebelum tidur.

Dokter Mari Hysing dari Regional Center for Child and Youth Mental Health and Child Welfare di Bergen, kota terbesar kedua di Norwegia, bersama rekannya merilis hasil penelitian ini pada (2 Februari 2015) dalam jurnal BMJ Open. Penelitian ini mengungkapkan, menatap layar monitor selama lebih dari empat jam berpengaruh terhadap sekita 49% remaja berisiko terlambat 60 menit untuk tidur. Bukan saja bermain gadget saat akan tidur, menghabiskan waktu lebih dari dua jam setelah pulang sekolah dengan bermain gadget juga membuat para remaja membutuhkan waktu lebih lama untuk tidur.

Menurut penelitian ini, dampak gadget terhadap gangguan tidur terjadi karena mengganggu sistem saraf. Cahaya yang dihasilkan dari gadget tersebut bisa memengaruhi jam biologis tubuh.

Penulis: Rona Siahaan.

Artikel terkait: 9 Penyakit yang Bersumber dari Gadget.

Comment di sini